About Me

follow akun twitter resmi Kankemenag Tanah Laut @Kankemenagtala

Jumat, 28 Juni 2013

Ka.Kankemenag : “Buat Terobosan Demi Peningkatan Dunia Pendidikan”


Berbagai pertunjukan pentas yang dibawakan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pabahanan Pelaihari pada acara perpisahan, Khataman Al-Qur’an sekaligus kenaikan kelas, menarik perhatian yang berhadir.
Kegiatan yang dilaksanakan di halaman MIN Pabahanan dihadiri oleh Kepala Kemenag Kab. Tala, Drs.H.Muhammad Tambrin, M.MPd dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tala, Hamsani, S.Pd.I serta pengawas pendidikan dari kemenag Tala, Wali murid dan tamu undangan lainnya, rabu (26/06).
Kepala MIN Pabahanan, H. Nor Muin, S.Pd.I dalam sambutannya kepada yang berhadir, menyampaikan untuk kelulusan tahun ini MIN Pabahanan lulus 100% dari jumlah siswa 32 orang dengan rincian 22 siswa dan 10 siswi” terang H. Muin panggilan kepala MIN Pabahanan.
Selain itu, H. Muin menambahkan melalui sambutan singkatnya menyampaikan prestasi yang cukup membanggakan untuk nilai kelulusan tahun ini, siswa MIN Pabahanan berada di peringkat 2 untuk setingkat Madrasah Ibtidaiyah seKabupaten Tala” tambah Beliau.
Sedangkan KaKankemeng Tala saat diminta sambutannya terlebih dahulu menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada masyarakat sekitar serta wali murid yang telah mempercayakan anak mereka menuntut ilmu bersekolah di MIN Pabahanan ini” terang beliau.
KaKankemenag dalam sambutannya menghimbau demi peningkatan pendidikan yang ada di MINPabahanan, pihak sekolah hendaknya membuat terobosan-terobosan dengan mengandeng pihak swasta ataupun minta bantuan kepada Diknas Provinsi untuk peningkatan infrastruktur bangunan maupun untuk perlebaran lahan sekolah.
“bukan hanya meningkatkan mutu pengajar saja sebagai faktor tingkat keberhasilan, akan tetapi peningkatan infrastruktur juga bisa sebagai faktor penunjang yang perlu diperhatikan dalam keberhasilan dunia pendidikan” terang KaKankemenag.

Ka.KanKemenag : Peranan Madrasah Diniyah Sangat Dibutuhkan Untuk mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dan Menumbuhkan Akhlak Mulia


Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut (Tala), Drs. H. Muhammad Tambrin, M.MPd didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Tala, Hamsani,S.Pd.I, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pembinaan kepada para guru Madrasah Diniyah yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Diniyah Takmiliyah (KKDT) Kab. Tala, Rabu (26/06).
Kegiatan pembinaan para guru Madrasah Diniyah dihadiri sekitar 40 orang peserta yang berasal dari Madrasah diniyah yang berada Kecamatan Pelaihari, Batu Ampar dan Bajuin, dimana dalam pelaksanaannya dipusatkan di Madrasah Diniyah Adda Watuttammah beralamatkan di desa Telaga Kecamatan Pelaihari.
KaKankemenag dalam sambutannya menyampaikan rasa optimisnya akan kemajuan Madrasah diniyah yang ada di Kab. Tala, karena melalui diniyah yang ada di daerahlah merupakan cikal bakal untuk pengembangan pendidikan islam maupun didunia dakwah.
”peran dan sumbangan madrasah diniyah tidaklah kecil terhadap mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan akhlak mulia. Sumbangan itu lebih nampak besar lagi bila kita saksikan betapa madrasah diniyah yang berdiri secara tradisional atas prakarsa dan partisipasi masyarakat melalui semangat lillaahi ta’ala, sampai sekarang masih banyak yang berdiri tegak dengan kokohnya” Ujar beliau.
Selain itu KaKankemenag menekankan agar kepada diniyah yang mendapatkan bantuan baik yang berasal dari Kementerian Agama atapun Diknas agar segeranya mempertanggungjawabkan bantuan tersebut dengan membuat data pelaporan sesuai dengan keadaan sebenarnya” Tambah KaKankemenag.
Diakhir sambutannya KaKankemenag menyampaikan rasa apresiasinya kepada KKDT Kab. Tala yang diketuai oleh ustad Bahruni, karena telah membantu Kementerian Agama dalam hal ini membantu dalam menunjang kegiatan pendidikan keagamaan yang ada di Kab. Tanah Laut. 

Rabu, 19 Juni 2013

Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan di Kab. Tala


Melalui seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, mengelar pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat Kabupaten Tala tahun 2013 yang diikuti 9 pasangan kepala keluarga, bertempat di aula Kantor Kemenag Kab. Tala Selasa (18/06).
Kegiatan pemilihan keluarga sakinah teladan dibuka secara resmi oleh Ka.Kankemenag Kab. Tala, Drs.H.Muhammad Tambrin,M.MPd disaksikan pejabat dilingkungan Kankemenag, kepala KUA Kecamatan se Kab. Tala, peserta dan tamu undangan lainnya.
Diawal sambutannya Ka.kankemenag mengucapkan selamat bertanding kepada peserta yang natobene adalah orang-orang pilihan yang dapat dijadikan contoh tauladan disetiap kecamatan masing-masing yang ada di Kabupaten Tala. 
Ka.Kankemenag juga memberikan pengertian secara garis besar keluarga sakinah dimana keluarga yang semua anggota keluarganya merasakan cinta kasih, keamanan, ketentraman, perlindungan, bahagia, keberkahan, terhormat, dihargai, dipercaya dan dirahmati oleh Allah SWT. 
Ka.kankemenag menjelasan mengenai penjenjangan pemilihan keluarga sakinah teladan apabila nantinya menjadi yang terpilih mewakili Kab. Tala“pemilihan keluarga sakinah sifatnya berjenjang, apabila nantinya terpilih di tingkat kabupaten, maka akan dilombakan lagi ketingkat provinsi bahkan apabila terpilih ditingkat provinsi maka akan diperlombakan lagi ketingkat nasional”terang kakankemenag.
Kakankemenag menambahkan kepada peserta yang nantinya terpilih, bukan hanya dikirim ketingkat provinsi mewakili Kab. Tala, akan tetapi juga akan mendapatkan trofi dan hadiah sebagai simbolis penghargaan atas partisipasinya mewujubkan keluarga sakinah teladan di Kab. Tala”tambah Beliau.

Selasa, 18 Juni 2013

Pengurangan Calon Jamaah Haji Lunas Tunda Kab. Tala sebanyak 18 orang

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut, Drs. H. Muhammad Tambrin, M.MPd didampingi Kasi Peny. Haji dan Umrah Kankemenag Tala, Drs.H. Akhmad Rusyadi hadiri sosialisasi perubahan kebijakan pemerintah Saudi Arabia tahun 1434H/2013M yang diadakan oleh Kementerian Agama Kanwil Prov Kalimantan Selatan, bertempat di Asrama haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (17/06).
Kegiatan Sosialisasi dihadiri oleh seluruh Kepala Kankemenag Kab/Kota dan Kasi Peny. Haji dan Umrah se Kalimantan Selatan adalah menindaklanjuti hasil dari Sosialisasi yang dihadiri oleh Kapala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Kalsel, H. Abdul Halim H. Ahmad, Lc di Jakarta dalam rangka membahas kebijakan Pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan pengurangan Kuota haji 20% dari kuota dasar kesepakatan negara OKI bagi negara pengirirm jamaah haji tanpa terkecuali.
Kakanwil dalam penyampaian menjelaskan bahwa dengan adanya pengurangan 20% tersebut, untuk Prov Kalsel mengalami pengurangan porsi yang seharusnya berjumlah 3.811 orang yang terdiri dari 3.778 orang porsi Calon Jamaah Haji (CJH) dan 33 orang porsi petugas daerah, setelah dilakukan pengurangan dari 3.778 CJH x 20% = 755 orang dan 33 orang porsi petugas daerah x 20% = 6 orang, jadi total pengurangan 761 orang dengan rincian 407 orang CJH yang sudah melunasi, 227 orang CJH yang belum melunasi, 6 orang petugas daerah, 71 orang usulan CJH usia lanjut dan pendamping serta rencana pengabungan terpisah keluarga” Jelas Kakanwil.
H.Abdul Halim H.Ahmad, Lc. MM disela-sela memberikan penjelasan sosialisasi menghimbau agar dalam menghadapi masalah yang dihadapi oleh Kementerian Agama mengenai Haji ini, terutama dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat didaerah masing-masing agar dihadapi dengan hati yang tenang serta berikan penjelasan dengan kata-kata yang halus dan sopan seperti dianjurkan dalam agama Islam, sehingga dalam menghadapi masyarakat tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan” imbau Beliau.
Melalui Kasi Peny. Haji dan Umrah Kemenag Kab. Tala, memberikan informasi untuk Kabupaten Tala dalam hal ini juga mendapat pengurangan CJH lunas tunda berjumlah 18 orang dari jumlah CJHkeseluruhan yang berjumlah 270 orang terdiri dari 2 orang petugas dan 268 orang CJH” jelasnya. 

Jumat, 14 Juni 2013

Penjelasan Menag Tentang Pengurangan Kuota Haji 2013


Pemerintah Arab Saudi akan mengurangi kuota jamaah haji pada musim haji tahun ini terkait proyek pembangunan Masjidil Haram yang sedang berlangsung. Berikut penjelasan tertulis Menteri Agama Suryadharma Ali terkait kebijakan tersebut, yang disampaikan dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (12/06):
1. Berdasarkan surat dari Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi pada hari Kamis, 6 Juni 2013 disampaikan bahwa karena keterlambatan penyelesaian rehabilitasi Masjidil Haram dan demi menjamin keselamatan jamaah haji, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengurangi kuota haji tahun 2013 di seluruh dunia sebesar 20% dari kuota dasar sesuai kesepakatan negara OKI bagi seluruh negara pengirim jamaah haji tanpa kecuali.
2. Keterlambatan rehabilitasi Masjidil Haram berakibat pada berkurangnya kapasitas daya tampung tempat tawaf yang semula dapat menampung jamaah sebanyak 48.000 dalam satu jam, hingga hanya dapat menampung sebanyak 22.000 jamaah dalam satu jam.
3. Pemerintah Arab Saudi melakukan pengurangan kuota jamaah haji Indonesia 2013 sebesar 20% atau sejumlah 42.200 (empat puluh dua ribu dua ratus) orang. Dengan demikian kuota Jamaah Haji Indonesia pada tahun 2013 akan menjadi 168.800 jamaah dari semula 211.000 jamaah.
4. Sehubungan dengan hal tersebut Menterian Agama RI atas nama Pemerintah Republik Indonesia akan segera melakukan pembahasan langsung dan upaya diplomasi dengan Pihak Pemerintah Kerajaan Saudi, khususnya dengan Menteri Haji Arab Saudi dan pihak-pihak terkait di Arab Saudi mengenai kebijakan pengurangan kuota serta memohon dispensasi implementasi kebijakan tersebut bagi Indonesia.
5. Kami menghimbau kepada calon jamaah haji yang telah melunasi dan mendapatkan porsi haji tahun 2013 yang berjumlah 180.000 jamaah untuk bersabar menunggu kebijakan Kementerian Agama setelah pembahasan dengan pihak Pemerintah Arab Saudi. Sambil menunggu hasil pembahasan tersebut, saat ini Kementerian Agama telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi apabila kebijakan pengurangan jamaah haji Indonesia tersebut diimplementasikan.
6. Kepada calon jamaah haji yang kemungkinan akan terkena dampak dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota ini, Kementerian Agama menjamin akan kepastian mendapatkan alokasi kuota keberangkatannya pada tahun 2014 dan kepada mereka tidak akan dikenakan biaya tambahan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) apabila terjadi selisih lebih pada tahun 2014.(Pinmas)

Kamis, 13 Juni 2013

Ka. Kankemenag : Pendaftaran Siswa Baru Jangan Sampai Menimbulkan Opini Negatif

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Tala), Drs. H. Muhammad Tambrin, M.MPd didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Tala, Hamsani, S.Pd.I menghadiri kegiatan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Tsanawiyah (K3MTs) Kabupaten Tala yang dipusatkan di Madarasah Tsanawiyah Darussalim Kecamatan Bati-Bati, Rabu (12/06).
Dihadiri sekitar 30 peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah Tsanayiwah Negeri dan Swasta serta pengawas pendidikan untuk MTs. Kakankemenag sebelum meberikan arahannya menyampaikan apresiasinya kepada pengurus K3MTs serta menyambut positif setiap pertemuan yang diadakan oleh K3MTs demi kemajuan dunia pendidikan madrasah khususnya MTs se Kab. Tala.
Drs. H. Muhammad Tambrin, M.MPd dalam arahannya sesuai dengan agenda pertemuan K3MTs yang diadakan setiap dua bulan sekali, dimana pertemuan kali ini membahas persiapan penerimaan siswa baru dan menghadapi tahun ajaran baru 2013/2014, menghimbau untuk kedua agenda tersebut agar benar-benar dibahas didalam pertemuan ini, serta Kakankemenag menambahkan agar setiap Madrasah mencermati setiap stetmen baik yang berasal dari Diknas ataupun dari Kementerian Agama mengenai aturan dan pelaksanaan pendaftaran siswa baru.
“setiap orang mempunyai penafsiran yang berbeda-beda, jangan sampai hal mengenai pendaftaran siswa baru yang dapat menimbulkan opini negatif dimasyarakat terutama untuk MTsN dilarang keras untuk pendaftaran siswa baru dipunggut biaya administrasi, kecuali untuk MTs Swasta itu pun dengan kebijakan internal masing-masing ” terang Kakankemenag.
Dalam kesempatan dipertemuan K3MT ini, Kakankemenag menambahkan informasi penting mengenai dana BOS untuk MTs swasta dan Ponpes dimana dananya yang ada hanya cukup untuk 1 triwulan saja, sehingga perlunya diantisipasi terlebih dahulu.
“pengurangan dana BOS terjadi di dua provinsi yaitu di Kalimantan Selatan dan Aceh jadi perlunya diantisipasi terlebih dahulu, kemungkinan dana BOS tersebut hanya cukup 1 triwulan saja” jelas Ka. Kankemenag. Untuk informasi yang lain, Kakankemenag menyampaikan bahwa porsi haji untuk Indonesia termasuk untuk porsi haji di Kabupaten Tala tahun 2013 ini akan dipangkas oleh Pemerintah Arab Saudi, dimana kebijakan tersebut diakibatkan dari direhabnya sejumlah bangunan” Ujarnya.

Senin, 10 Juni 2013

Kuota Haji Nasional Kab. Tala Tahun 2013 Tertua Berusia 139 Tahun

Berdasarkan surat Kementerian Agama Kanwil Provinsi Kalsel mengenai pelaksanaan pelunasan BPIH dan sisa Kuota Haji Nasional TH.1434 H /2013 M, maka melalui bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kab. Tala memanggil Jamaah calon Haji Usia Lanjut yang berusia 83 tahun keatas dan pendampingnya, bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Tala, Jum’at (07/06).
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Tala, Drs.H. Akhmad Rusyadi didepan jemaah calon haji usia lanjut serta pendamping, memberikan penjelasan administrasi tentang pelaksanaan pelunasan BPIH dan sisa Kuota Haji Nasional tahun 1434 H/ 2013 M yang harus diketahui dan ditindaklanjuti oleh jamaah calon haji lansia serta pendampingnya.
Jamaah calon haji usia lanjut Kab. Tala yang akan diberangkat berjumlah 12 orang jamaah, dimana usia tertua berusia 139 tahun atas nama Bahrudin Rusli Awi warga kecamatan Bati- Bati.
Disinggung mengenai Kuota haji Kab. Tala tahun 2013, melalui Kasi Penyelenggara haji dan umrah memberikan informasi bahwa untuk jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini berjumlah 317 jamaah.
“Semua jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini, semuanya sudah diberitahukan akan waktu pelunasan, diharapkan untuk jamaah yang belum melaksanakan pelunasan dapat melaksanakan pelunasan dalam sisa waktu yang telah ditentukan tanggal 12 juni 2013” jelas Kasi Peny. Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tala.
Sampai dengan tanggal 10 Juni 2013, untuk jamaah calon haji yang telah melaksanakan pelunasan berjumlah 251 orang jamaah calon haji, tersisa sekitar 66 orang jamaah calon haji yang belum melakukan pelunasan.

Ka. Kankemenag Lantik KAUR Tata Usaha MAN Pelaihari

Jum’at (07/06), Kepala Kankemenag Tala, Drs. H. M. Tambrin, M. MPd melantik Kepala Urusan tata usaha MAN Pelaihari yang bertempat di Aula Kankemenag Tala.
Pelantikan ini dihadiri dan disaksikan para pejabat struktural Kankemenag Tala, Kepala MAN Pelaihari, para pengawas Madrasah, serta karyawan – karyawati Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut.
Adapun Kepala KAUR Tata Usaha yang baru dilantik adalah Hj. Siti Maryam Marlina, S. Ag yang menggantikan pejabat lama yaitu Dra. Hj. Ramlah.
Seusai melantik pejabat yang bersangkutan, Kepala Kankemenag Tala, Drs. H. M. Tambrin, M. MPd dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, diantaranya terkait masalah mutasi pejabat / karyawan (i) di lingkungan Kankemenag Tala.
“Selain sebagai penyegaran dalam hal penempatan tempat kerja. Mutasi juga disesuaikan dengan kebutuhan setiap Satuan Kerja (Satker) masing – masing”, terang Beliau.
Beliau juga berharap, dengan adanya Kepala KAUR yang baru, bisa saling bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik dengan Kepala MAN Pelaihari dan para staf maupun dewan Guru yang ada di lingkungan MAN Pelaihari sehingga keharmonisan tetap terjaga satu sama lainnya.
Untuk sekedar diketahui, Hj. Siti Maryam Marlina, S. Ag sebelumnya kedudukannya sebagai Staf Peny. Zakat dan Wakaf Kankemenag Tala, sedangkan Dra. Hj. Ramlah setelah melepas jabatannya sebagai Kepala KAUR Tata Usaha MAN Pelaihari, ditugaskan di KUA Kec. Panyipatan.

Ka.Kankemenag Kab. Tala Lepas Kontingen Peserta Aksioma dan KSM Tahun 2013

Jum’at (07/06) dalam kesempatannya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, Drs.H.MuhammadTambrin, M.MPd didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Tala, Hamsani, S.Pd.I melepas kontingen terdiri dari pelajar setingkat MA, MTs dan MI untuk mengikuti kegiatan Aksioma dan KSM Tingkat Prov. Kalimantan Selatan Tahun 2013 di MAN 2 Model Banjarmasin dan MTsN Banjar Selatan yang berlangsung dari tanggal 7 – 8 Juni 2013.
Pelepasan secara resmi kontingen kegiatan Aksioma dan KSM, dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kab.Tala dengan ditandainya penyerahan bendera kontingen dari Kepala Kankemenag kepada ketua kontingen, Fahlansyah, S.Ag.
Kepala kankemenag dalam sambutan singkatnya menjelaskan betapa pentingnya kegiatan Aksioma dan KSM untuk menumbuh kembangkan sikap sportif, kreatif dan Profesional dalam mewujubkan Madrasah berprestasi dan KSM ini untuk melakukan olah fikir dan kreatifitas anak dalam membangun kemampuan Madrasah di bidang ilmu pengetahuan dan Imtek” terang Ka.Kankemenag.
Diakhir sambutannya, Ka.Kankemenag memberikan semanggat kepada para atlit dan official agar terus mengobarkan semangat dalam bertanding dengan mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki untuk memberikan yang terbaik, sehingga dapat mengharumkan nama Madrasah di lingkungan Kemenag Kab.Tala ditingkat Provinsi bahkan sampai tingkat nasional”, pesan Ka.kankemenag.
Adapun data jumlah peserta Aksioma dari Kab. Tala berjumlah 30 orang dengan cabang lomba yang diikuti diantaranya : 10 orang dicabang atletik lari 100m, 400m, 8 orang dicabang bulu tangkis, 4 orang dicabang tenis meja, 4 orang dicabang MTQ, 2 orang dicabang pidato Bahasa Indonesia, 2 orang dicabang pidato Bahasa Arab.
Sedangkan untuk peserta KSM (kompetisi Sains Madrasah) untuk tingkatan MA berjumlah 6 orang dengan cabang lomba Matematika, biologi, kimia, ekonomi, fisika dan geografi, untuk setingkat MTs diikuti 3 orang dengan cabang lomba matematika, biologi dan fisika, setingkat MI berjumlah 2 orang dicabang matematika dan Sains.

Khataman Al’Quran dan Perpisahan Murid MIN Pelaihari

Bertempat di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Rabu (05/06) dilangsungkan Khataman Alquran dan perpisahan siswa-siswi kelas VI MIN Pelaihari.
Kegiatan ini dihadiri Kepala Kankemenag Tala, Kepala Seksi Pend. Madrasah Kankemenag Tala, para pengawas, para mantan Kepala MIN Pelaihari, dan orang tua/wali murid kelas VI MIN Pelaihari.
Kepala MIN Pelaihari, Fahlansyah, S. Ag mengatakan dalam sambutannya meskipun pengumuman kelulusan belum keluar, tetapi kita yakin murid-murid MIN Pelaihari yang telah mengikuti UN Tingkat SD / MI sederajat lulus 100% yang langsung disambut tepuk tangan para siswa dan undangan. Ditambahkannya, “pada UN Tingkat SD/MI sederajat tahun 2013 ini, jumlah siswa MIN Pelaihari yang mengikutinya sebanyak 116 orang “, terang Fahlansyah.
Sementara itu, Kepala Kankemenag Tala, Drs. H. M. Tambrin, M. MPd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua/wali murid yang telah mempercayai MIN Pelaihari untuk menitipkan anak – anaknya dalam menempuh pendidikan tingkat dasar. “Dengan kepercayaan masyarakat ini, menjadikan motivasi tersendiri bagi kami untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan kepada murid-murid MIN Pelaihari khususnya“, ujar Beliau sembari mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas VI MIN Pelaihari telah mengikuti UN dan Insya Allah lulus 100%.
Dalam kegiatan ini juga ditampilkan kreasi-kreasi dari para siswa kelas VI MIN Pelaihari. Diantaranya menyanyikan beberapa lagu perpisahan oleh seluruh siswa dengan konsep yang menarik, sehingga suasana haru dan tangis para orang tua/wali murid tidak bisa terelakkan.

Perpisahan dan Pengukuhan Siswa-Siswi MTsN 1 Pelaihari Diliputi Rasa Haru

Rabu (05/06), Suasana cerah tidak turut serta meliputi perasaan siswa-siswi kelas IX MTsN 1 Pelaihari yang melaksanakan perpisahan sekaligus pengukuhan di halaman MTsN 1 Pelaihari. Perasaan haru terpancar dari para siswa-siswi yang akan meninggalkan Madrasah ini.
Dalam acara ini, hadir Kepala Kankemenag Tala, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Tala, para Pengawas Madrasah, para Komite Sekolah dan tak ketinggalan juga para orang tua/wali murid kelas IX MTsN 1 pelaihari.
Selain perasaan haru, kebahagiaan juga terpancar dari semua yang hadir, karena berdasarkan hasil UN tingkat SLTP / MTs sederajat, seluruh siswa–siswi MTsN 1 kelas IX yang telah mengikuti UN dinyatakan lulus 100%.
Bahkan juga, sesuai apa yang disampaikan Kepala MTsN 1 Pelaihari, Ahmad Saufi, S.Ag dalam sambutannya mengatakan, “untuk peringkat terbaik 1 dan 2 UN SLTP/ MTs sederajat di Kab. Tanah laut diperoleh dari siswa MTsN 1 Pelaihari”, kata Saufi.
Kepala Kankemenag Tala, Drs. H.M. Tambrin, M. MPd dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada para siswa-siswi yang telah mengikuti UN dengan predikat lulus 100% dan mendapatkan peringkat 1 dan 2 terbaik se Kab. Tanah Laut.
“Hasil ini merupakan kerja keras kita bersama, baik itu para guru dan orang tua/wali murid. Karena peran serta dan dukungan semua pihak, para siswa-siswi kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam menempuh pendidikan selama tiga tahun di MTsN 1 Pelaihari ini”, ujar Beliau.
Beliau juga berpesan kepada para siswa, bahwasanya perjuangan dalam menuntut ilmu tidak berakhir sampai disini, jadikanlah ini sebagai motivasi kita untuk menghadapi pendidikan di tingkat SLTA/MA sederajat, agar bisa meningkatkan prestasinya lebih baik dan lebih banyak lagi.
Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada para sepuluh siswa–siswi dengan predikat nilai terbaik UN tahun 2013. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kankemenag Tala didampingi Kepala MTsN 1 Pelaihari.

MTsN 2 Pelaihari Gelar Pengukuhan Siswa Sekaligus Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Sebanyak 102 siswa-siswi kelas IX MTsN 2 Pelaihari mengikuti pengukuhan yang digelar di Islamic center Pelaihari, kamis (30/05). Kegiatan pengukuhan siswa kelas XI tahun 2012/2013 yang sekaligus melaksanakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, Hamsani, S.Pd.I, wali murid dan tamu undangan lainnya dan siswa-siswi MTsN 2 Pelaihari.
Sebelum pengukuhan yang dilakukan Kepala MTsN 2 Pelahari, Ahmad Zaidan Zain, S.Pd.I berjalan dengan haru saling bersalaman antar siswa yang akan meninggalkan dengan dewan guru yang ditinggalkan, terlebih dahulu yang berhadir di gedung Islamic center mendengarkan tausyah dari Ustad Lutfia Rusdi.
Ahmad Zaidan Zain, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan ucapan maaf kepada para siswa yang akan meninggalkan sekolah, apabila selama menuntut ilmu di MTsN 2 Pelaihari menemui hal-hal yang tidak menyenangkan baik perkataan maupun perbuatan, hal tersebut dilakukan hanya semata-mata untuk kebaikan para murid sekalian.
Beliau juga menyampaikan atas nama pihak sekolah mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada wali murid yang berhadir yang telah mempercayakan anaknya kepada pihak sekolah untuk dapat menuntut ilmu.
“Kami pihak sekolah minta maaf dan minta ridho apabila selama mempercayakan anaknya kepada MTsN 2 Pelaihari untuk menuntut ilmu, masih banyak kekurangannya”, mohon Zaidan. Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Tala, Hamsani, S.Pd.I mewakili Kepala Kankemenag Kab. Tala dalam sambutannya menyampaikan pesan Kankemenag agar kepada siswa yang telah dikukuhkan agar tidak melakukan mencoret baju seragam yang sering dilakukan apabila kelulusan sekolah berlangsung”, imbau Kankemenag Kab. Tala melalui Kasi Pendidikan Madrasah.
Hamsani, S.Pd.I dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat kepada siswa yang nanti akan meninggalkan MTs terulah belajar kejenjang yang lebih tinggi lagi, “teruslah belajar kejenjang yang lebih tinggi lagi, sehingga dapat meraih cita-cita yang diinginkan dan jadilah kebanggaan kedua orang tua dan sekolah dan negara” Imbau Beliau. Kegiatan ditutup dengan doa bersama-sama dan saling bersalaman-salaman memohon maaf.