Ketua MUI Kalsel : Perlunya Sinergi antara Ulama dan Pemerintah Daerah

Ketua MUI Kalsel KH Ahmad Makki berharap peran dan partisipasi alim ulama di masyarakat dalam memberikan bimbingan kepada umat terus ditingkatkan.Bahkan untuk menjalin hubungan yang sinergis dengan pemerintah daerah dalam menjalankan kegiatan. Karena posisi ulama dan pemerintah (umara) saling berkaitan, utamanya dalam menjaga dan mengarahkan masyarakat.
“Dalam sejarahnya MUI itu memiliki hubungan yang sinergis dengan pemerintah, seperti yang dilakukan Buya Hamka yang merupakan ketua MUI pertama,” terang Makki.Hal itu disampaikan Ahmad Makki saat memberikan sambutan pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) ke-VIII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanahlaut yang digelar di Gedung Balairung Tuntung Pandang di Jalan Pancasila Pelaihari yang dihadiri ratusan ulama dan tokoh agama, Selasa (2/10/2012).
Hadir juga di acara itu Bupati Tanahlaut H Adriansyah, Ketua DPRD Tala Bambang Alamsyah, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala Drs.H.M Thambrin,M.MPd, Ketua komisi fatwa MUI Kalsel KH Rusdiansyah Asnawie, sekretaris MUI Kalsel Fadli Mansoer. Menurut dia, peran para ulama di masyarakat sudah diakui, sehingga hal itu perlu terus dikembangkan dalam kaitannya menegakan amar ma’ruf nahi munkar.
Kepala Kankemenag Tala selaku ketua Dewan Penasehat MUI Tala,Drs.H.M.Tambrin,M.MPd dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya peran dan partisipasi Pemerintah Daerah dalam pengawasan di bidang keagamaan,oleh karena itu,Pemda dan Ulama harus saling bersinkronisasi agar pengawasan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar