Pembelajaran
yang baik dan efektif adalah pembelajaran yang aktif, interaktif,
kreatif, edukatif, dan menyenangkan. Untuk terjadinya hal tersebut
dibutuhkan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat.
Hal
tersebut disampaikan Kepala Kankemenag Tala, Drs. H.M. Tambrin, M. MPd
sebagai narasumber dalam kegiatan Orientasi Peningkatan Kompetensi Guru
Agama Buddha Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013 yang diselenggarakan
Kanwil Kemenag Prov. Kalsel dalam hal Pembimas Buddha, bertempat di
Vihara Buddha Sasana Pelaihari, Kamis (21/11).
Dalam kegiatan yang dihadiri para guru Agama Buddha se Kalimantan Selatan, H. Tambrin menyampaikan materi tentang “Strategi Pembelajaran yang Efektif”.
Beliau
memaparkan pentingnya strategi khusus dalam proses pembelajaran yang
efektif, dengan tujuan agar para siswa dapat memahami dan mengamalkan
ilmu yang sudah diberikan oleh para Guru.
“Pembelajaran
dikatakan efektif apabila dalam proses pembelajaran setiap elemen,
berfungsi secara keseluruhan, peserta merasa tenang, puas dengan hasil
pembelajaran, membawa kesan, sarana dan prasarana yang memadai serta
materi, metode dan media yang sesuai serta guru yang professional”,
terang Beliau.
Selain
itu, Ada Empat dimensi pembelajaran efektif, yaitu pertama Konteks
(kebijakan), Masukan (fasilitas), Proses (pelaksanaan yang nyata) dan
Hasil (keseluruhan yang dicapai oleh program). Yang kesemuanya itu
penting bagi peningkatan kompetensi siswa.
“Keberhasilan
proses pembelajaran banyak tertumpu pada sikap dan cara belajar siswa,
baik perorangan maupun kelompok, serta tersedianya sumber belajar dengan
memanfaatkan media pembelajaran dengan tepat” papar H. Tambrin.
Kegiatan yang mengangkat tema “Melalui
Orientasi Peningkatan Kompetensi Guru Agama Buddha Provinsi Kalimantan
Selatan Tahun 2013, Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru
Agama Buddha” ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 20-22
Nopember 2013 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Bimas Buddha
Kementerian Agama Republik Indonesia, Drs. A. Joko Wuryanto, S.Sos,
S.Ag, M.Si, M.Pd.
0 Komentar