Kementerian
Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) melalui Seksi Pendais menggelar
kegiatan pengembangan informasi kependidikan agama Islam melalui Education Management Information System (EMIS)
dan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan
pada Kementerian Agama (SIMPATIKA) bagi Pengawas dan Guru PAI se-
Kabupaten Tala, Sabtu (01/10/16) di Aula Kemenag Tala.
Acara
tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama
(Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.Rusmadi,S.Ag.,S.Pd.I.,MM
didampingi para Kepala Seksi (Kasi) Kemenag Tala.
Dalam
sambutannya Kepala Kemenag Tala mengatakan berhasilnya sistem
pendidikan agama di sekolah tidak hanya didukung faktor guru, siswa,
maupun masyarakatnya, akan tetapi berhasilnya suatu system pendidikan
agama dengan pengelolaan yang baik dan kuatnya data, sehingga informasi
dan data yang diperoleh valid dan akurat, terangnya.
Hal
ini berpengaruh dalam mengambil sebuah kebijakan yang mengarah kepada
peningkatan mutu dan kesejahteraan khususnya bagi para pendidik itu
sendiri, tambahnya.
Lebih
lanjut H.Rusmadi mengatakan, sangat diperlukan Sumber Daya Manusia
(SDM) handal baik dari para guru, Pengawas PAI, Operator entri data dan
lainnya yang mampu mengolah dan menggunakan data dengan baik dan benar,
mampu menggunakan sarana teknologi pendukung serta memiliki analisis
yang tinggi, sehingga tercipta kesinambungan antara pendidik, yang
dididik dan tempat didik, jelasnya lagi.
Sementara
itu, Ketua Kasi Pendidikan Agama Islam H.Zairin Fanzani, S.Ag
melaporkan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan
akses informasi data Pendidikan Agama Islam di sekolah, baik
meningkatkan kemampuan SDM dalam membuat dan mengelola data dan
informasi terkait Pendidikan Agama Islam, dengan meningkatkan akses data
yang kuat dan akurat serta untuk mempermudah pengiriman laporan data
dan informasi kepada pihak-pihak terkait.
Kegiatan
tersebut diikuti sebanyak 53 orang Guru PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK
se-Kab. Tala dan 7 orang Pengawas PAI Kantor Kemenag Tala.
0 Komentar