FKIP Adakan Seminar Nasional Pendidikan

ManPel.  Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin mengadakan Seminar Nasional Pendidikan. Seminar dengan tema“ Metode Pembelajaran Berbasis IT Konstruksi Pemikiran dan Aplikasinya” menghadirkan pembicara Dr. Rudi Susilana,M.Si (dosen UPI Bandung), Drs. Hamsi Mansur, M.M.Pd (Ketua Prodi Tekpen) dan Dr. Chandra Anugrah Putra, S.Kom,M.I.Kom (Dosen UMP Palangkaraya) di Aula Rektorat ULM Banjarmasin, Sabtu (21/05/16).

Seminar dibuka secara resmi oleh Rektor ULM  Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. Dalam sambutannya Rektor ULM mengatakan era teknologi sudah merambah dunia pendikan dan sangat diperlukan tenaga pendidik yaang mampu beradaptasi dengan teknogi dalam menunjang pembelajaran. “Era tekhnologi sudah datang harus digunakan pada waktu dan tempat yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, peran guru tidak bisa digantikan oleh tekhnolgi karena ada interaksi dalam kelas,” terang H. Sutarto.

Pembicara Dr. Chandra Anugrah Putra, S.Kom,M.I.Kom dalam seminar mengatakan apabila dalam teknologi kita melakukan hal yang baik maka akan baik pula hasilnya begitu juga sebaliknya, karena dalam penggunaan IT  sekali informasi yang berkaitan dengan pembelajaran, “Guru harus bisa menerapakan pembelajaran IT, memiliki alternatif dalam proses pembelajaran, bisa menganalis dan menggunakan teknologi dalam menunjang pembelajaran,” terang Chandra.

Menanggapi seminar tersebut, guru kimia MAN Pelaihari (Manpel) Yuliyanti, M.Si  mengungkapkan penggunaan IT sangat penting dalam proses belajar mengajar maka dari itu diperlukan kreatifitas guru dalam mengolah pembelajaran yang menarik bagi peserta didik agar tidak menimbulkan kebosanan, “Dalam penggunaan teknologi banyak hal baru yang dapat dilakukan untuk memilih alternatif dalam proses pembelajaran guna menunjang pembelajaran yang menyenangkan” ujar Yuliyanti yang hadir bersama dua gu Manpel lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar