Tim Monev BOS Itjen Kemenag RI Ekspos di Kemenag Tala

Usai melaksanakan monitoring kelengkapan pengadministrasian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2013 ke beberapa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Tanah Laut selama beberapa hari, maka dihari terakhir Tim monitoring dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI melaksanakan ekspos hasil dari monev dilapangan, Kamis (02/10/14).
Kegiatan ekspos dari monev BOS yang diadakan diaula Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah laut dihadiri oleh Kepala Kankemenag Tala yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Tala beserta Kepala Madrasah Tsnawiyah Negeri dan Swasta yang madrasah nya dikunjungi tim monev BOS.
Ka.Kankemenag Tala, H.Rusmadi,S.Ag,S.Pd.I,MM dalam sambutannya sekaligus membuka ekspos hasil dari monitoring tim Monev BOS Itjen Kemenag RI menyambut baik akan kedatangan tim monev di Kabupaten Tanah Laut. Dan berharap hasil yang diumumkan oleh tim monev BOS nantinya dapat memberikan perubahaan kearahan perbaikan kedepannya.
“Semoga dengan kedatangan tim monev BOS itjen Kemenag RI dapat menambah pengetahuan kita bersama, untuk bisa lebih baik lagi dan dapat lebih diperhatikan lagi baik segi penggunaan dana yang diperuntukan sesuai sasaran maupun pertanggung jawaban dana bos yang sesuai dengan aturan juknis yang telah dikeluarkan pemerintah,” terang Ka.kankemenag Tala.
Selain itu H.Rusmadi juga menambahkan bahwa pengunaan dana BOS yang peruntukannya untuk dana operasional sekolah sehingga dapat sangat membantu aktivitas sekolah tersebut hendaknya dikelola secara profesional serta dapat dipertanggung jawabkan dengan transparan dan akuntabel sehingga tidak ada indikasi penyimpangan pada dana tersebut.
“Perlunya pembukuan khusus pada pengunaan dana BOS, jangan sampai terjadi tumpang tindih pada penggunaan dana BOS dengan dana lainnya, oleh maka itu hendaknya perlunya dana BOS dikelola secara profesional oleh fihak sekolah dengan mengikut sertakan komite sekolah,”tambah H.Rusmadi.
Dari hasil ekspos tim monev BOS itjen Kemenag RI dapat diketahui masih ada kekurangan administrasi yang tidak mengacu pada juknis, hal tersebut dibenarkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Tala, Hamsani, S.Pd.I yang ikut dalam pelaksanaan ekspos tersebut.
“Memang masih ada madrasah penerima bantuan dana BOS yang masih belum memahami tentang  petunjuk teknis penggunaan dana BOS, sehingga berakibat pada pelaporan atau administrasi yang kurang maksimal,” terang Hamsani,S.Pd.I 
Adapun Madrasah Tsnawiyah yang didatangi tim monev BOS Itjen Kemenag RI selain kantor Kementerian Agama Kab. Tala yaitu : MTsN 1 Pelaihari, MTs Satu Atap Kurau, MTs Ubudiyah Bati-bati, MTs Al Irsyad Tambang Ulang.

Posting Komentar

0 Komentar