Laksanakan Visi Kemenag, Kemenag Tala Dukung Program Unggulan 2020

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengajak kepada seluruh satuan kerja dilingkungannya melaksanakan visi dan misi kementerian agama dengan mendukung program-program unggulan tahun 2020.

“Salah satu satuan kerja Kementerian Agama yang harus menjadi perhatian adalah Kantor Urusan Agama Kecamatan,” ucapnya. Oleh karena itu menurutnya program unggulan yang harus menjadi prioritas di Kementerian Agama meningkatkan layanan publik khususnya pada kantor urusan agama. Hal tersebut diungkapnya usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, Senin (02/03/20) di Jakarta.

Kakankemenag menyampaikan hasil dari rakernas tersebut pembahasan Renstra 2020-2024 dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan umat beragama dan koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada rekernas tersebut Pengarusutamaan Gerakan Moderassi Beragama di Indonesia Melalui Pendekatan Dakwah, Budaya, dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. rekernas tersebut membahas isu stragis yang terfokus dari peningkatan kesejahteraan umat, peningkatan kualitas sumber daya mubaligh/mubalighah serta menjadikan seni dan budaya sebagai media untuk mengembangkan dakwah di Indonesia.

“Inilah tugas kita bersama yang akan kita laksanakan dan tindak lanjuti di daerah, dalam upaya sinkronisasi program pusat dengan daerah sehingga visi dan misi Kementerian Agama dapat dilaksanakan dengan baik, baik pelayanan publik maupun dalam membina kerukunan umat di Indonesia,” ucapnya.

Ka.Kankemenag juga menyampaikan hasil dari rakernas tersebut Wakil menteri agama (Wamenag) Ri Zainut Tauhit Sa’adi yang menutup secara resmi kegiatan tersebut mengajak kepada seluruh jajarannya agar mengoptimalisasi anggaran fungsi agama dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama.

Wamenag mengharapkan sektor layanan publik menjadi fokus utama yang harus diperhatikan seperti layanan Kantor Urusan Agama yang tidak hanya menitikberatkan pada layanan pernikahan akan tetapi menjalankan fungsinya dalam pembinaan dan penyuluhan.

Rakernas diikuti oleh 671 peserta yang terdiri dari pejabat eselon I, II, III Pusat, Kakanwil Kemenag Provinsi serta Kepala Kemenag Kab/Kota se Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar