Ka.Kankemenag: 4 Fungsi Al-Quran Bagi Umat Islam

“Ada empat fungsi Al-Qur’an bagi umat Islam, yaitu satu sebagai petunjuk, kedua sebagai pemisah, ketiga sebagai obat dan yang ke empat sebagai nasehat,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H.M. Rusdi Hilmi usai mengikuti kegiatan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kecamatan Bumi Makmur, Jum’at (06/03/20) sore di halaman Kantor Camat Bumi Makmur.

Ka.Kankemenag menjelaskan Al-Qur’an sebagai petunjuk yakni petunjuk bagi manusia secara umum dan khususnya petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Kedua sebagai pemisah yaitu memisahkan yang hak dan yang bathil, yang benar dan yang salah, Ketiga sebagai obat hati atau mental bagi yang membacanya dan Keempat sebagai nasehat, peringatan dan pembelajaran dalam menjalani kehidupan di jalan yang benar.

“Oleh karena itu melalui STQ ini mari kita bumikan Al-Qur’an, kita baca Al-Qur’an, kita pahami dan kita amalkan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajak Rusdi Hilmi mengakhiri wawancara usai kegiatan tersebut.

Hal senada disampaikan Bupati Tala H. Sukamta disambutannya mengatakan ajang STQ merupakan salah satu upaya yang dapat membuat seseorang menjadi aman, tentram, damai serta lebih meningkatkan keimanan.

“STQ jangan hanya dijadikan ajang seremonial yang hanya untuk mencari juara, namun jadikan ini sebagai salah satu bagian upaya kita menyebarluaskan pesan-pesan yang terkandung didalam Al-Qur’an,” pinta Sukamta.

STQ dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Tala dan turut saksikan Asisten II Sekda Tala, Perwakilan Dandim 1009 Pelaihari, Perwakilana Kapolres Pelaihari dan Perwakilan Pengurus LPTQ Kabupaten.

Rangkain kegiatan STQ tersebut dilaksanakan selama dua hari, dari 06 s.d. 07 Maret 2020 dengan melombakan delapan cabang lomba yang akan diikuti perwakilan 10 desa yang ada di kecamatan Bumi Makmur.

Posting Komentar

0 Komentar