Tala Dalam Status Siaga Darurat Covid-19, Ka.Kankemenag Instruksikan Madrasah dan Ponpes Siapkan Fasilitas Pembersih Tangan

Bupati Tanah Laut H. Sukamta  menetapkan tiga bulan kedepan Tanah Laut dalam status siaga darurat covid-19, yaitu terhitung sejak taanggal 16 Maret sampai dengan 16 Juni 2020 mendatang.

Ketetapan tersebut disampaikannya dari kesimpulan hasil Rapat Koordinasi Menghadapi Penyebaran Novel Coronavirus (Covid-19) di Kabupaten Tanah Laut yang dilasksanakan di Aula Barakat Lantai II Kantor Pemerintah Daerah Tanah Laut. Senin (16/03/20)

H. Sukamta mengatakan sebagaimana sudah kita ketahui bersama, penyebaran virus corona sudah sampai di Negara kita Indonesia dan disamping itupula RSUD H. Boejasin Pelaihari ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien terinfeksi virus corona. “Maka dari itu kita harus siap dan tanggap sejak dini, walaupun didaerah kita belum ada yang terindikasi positif corona, lebih baik siap diawal walau nanti tidak terpakai daripada tidak siap dikala virus itu sudah menyebar,” jelasnya.

Lebih lanjut H. Sukamta meminta kepada seluruh kepala Instansi vertikal, kepala dinas dan camat se kabupaten Tanah Laut agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat, menyediakan akses cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer  di kantor kantor terutama di area pelayanan publik sesuai dengan edaran Gubernur nomor 440/412/TU.PIMSETDA.

Sementara itu Kepala Ka.Kankemenag H.M.Rusdi Hilmi yang turut serta dalam Rakor tersebut mengatakan pihaknya turut mendukung upaya pencegahanan virus corona dan pihaknya akan mengimbau ke madrasah madrasah dan pondok pondok pesantren diwilayah Tanah Laut untuk mengajak para siswa dan santri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan mencuci tangan dengan sabun secara teratur dan menyeluruh.

“Kami juga akan meintruksikan seluruh Kepala Madrasah dan pimpinan pondok untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun atau bisa juga menyediakan hand sanitizer didepan kelas dan jika diperlukan melaksanakan penyemprotan desinfektan di lokasi fasilitas umum,”tukas Rusdi Hilmi.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag akan memberikan sosialisasi langsung ke masyarakat melalui para penyuluh penyuluh agama kecamatan agar dapat masyarakat lebih menjaga kebersihan lingkungan dan tetap menjaga pola hidup sehat. “Dan yang terpenting penyuluh harus memberikan pengertian kepada masyarakat agar jangan terlalu panik dan jangan sampai memborong masker, hand sanitizer atau bahan sembako lainnya, belanjalah sesuai keperluan kita saja,”pintanya.

Rapat berjalan dengan lancar yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Laut dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tala, Dandim 1009 Pelaihari, Wakapolres Pelaihari, Kasi Intel Kejari Pelaihari, Setda Tala, Perwakilan Direktur RSUD H. Boejasin dan seluruh Kepala Dinas dan Camat se Kabupaten Tanah Laut.

Posting Komentar

0 Komentar