Bupati Membuka Secara Resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XIX Tingkat Kabupaten Tala

Kemeriahan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an XIX Nasional tingkat Kab. Tala menarik perhatian masyarakat Kecamatan Kintap yang berbondong-bondong memenuhi tempat pembukaan STQ yang dipusatkan dilapangan koramil sebagai panggung utama berlangsungnya STQ XIX, Jumat sore (29/03).
Berbagai hiburan disuguhkan sebelum dibukanya STQ XIX yang diresmikan oleh Bupati Tala serta dengan rintik hujan yang membasahi Kecamatan Kintap yang terkenal akan hasil “Emas hitam”nya sebagai salah satu daerah yang kaya akan hasil buminya.
STQ Nasional XIX Tingkat Kab. Tala yang dilaksanakan di Kecamatan Kintap berlangsung dari 29 s/d 31 Maret 2012 dimana pembukaannya dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tala, Sekretaris Daerah, Camat Kintap, Kekanmenag Kab. Tala, Pejabat Pemda Kab. Tala, Alim Ulama, tokoh agama dan masyarakat dan tamu undangan lainnya memenuhi tenda yang telah disediakan oleh panitia.
Bupati Tala, H.Adriansyah dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi STQ Nasional XIX tingkat Kab. Tala yang ditandai dengan pemencetan tombol sebagai simbolis diresmikannya STQ Nasional XIX didampingi Ketua LPTQ Kab Tala dan Kepala Kemenag Kab. Tala.
“ Al – Quran sangat penting bagi kehidupan kita, karena sebagai petunjuk pembeda antara haq dan bathil. Dengan adanya STQ ini, bukan hanya pandai membaca Al’quran melainkan memberikan hikmah dan hidayah dalam kehidupan bermasyarakat kita,” terang Adriansyah.
Adriansyah juga mengharapkan dengan adanya STQ ini, mudah-mudahan akan memberikan dampak positif pada sistem dan perilaku menuju kondisi masyarakat yang inovatif dan kreatif yang sesuai dengan visi dan misi Tanah Laut yaitu maju berdasarkan nilai-nilai agama.
Selain itu dalam kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Kab.Tala, Drs.H.Muhammad Tambrin, M.MPd menegaskan bahwa penyelenggaraan musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come kegiatan pembelajaran A1 Qur’an yang berlangsung di masyarakat, melalui TPA/TPSA yang tersebar di Kabupaten tanah laut.
Kakan.Kemenag menambahkan bahwa kegiatan STQ hendaknya dihindarkan dari sifat rutinitas dan seremonial yang kehilangan makna dan ruh-nya. “Marilah kita jadikan setiap penyelenggaraan STQ sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa kita pada umu mn ya” tegas beliau
Sebagai penutupan acara pembukaan STQ ditandai dengan pengibaran bendera LPTQ yang dibawakan oleh siswa-siswi sekolah yang ada di Kecamatan Kintap dan diteruskan pembacaan doa memohon akan suksesnya kegiatan STQ.

Posting Komentar

0 Komentar