Pasca Haji, Jemaah Haji Tala Bayar DAM dan Ziarah

Setelah puncak pelaksnaan ibadah haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) Jemaah Haji Tanah Laut (Tala) melaksanakan pembayaran Dam sekaligus ziarah ke Jabal Rahmah, Senin (27/08/18). 

“Kegiatan hari ini di awali dengan membayar dam dengan menyembelih kambing di Kikiyah kemudian dilanjutkan ke Jabal Tsur dan ke Jabal Rahmah,” ujar Ketua Kloter 17 BDJ Embarkasi Banjarmasin H.Husni Mubarak.

Menurut Husni rangkaian kegiatan hari itu jemaah haji beristirahat di Mesjid Masya`ir Haram di Muzdalifah dan dilanjutkan ke Jabal Nur, kemudian kembali Hotel Kiswah untuk istirahat. “Sekarang pukul 09.49 WAS aktivitas kami masih di Jabal Rahmah,” ujarnya menyampaikan melalui media Whattaps pada pukul 13.47 WITA.

H. Husni menyampaikan pembayaran Dam tersebut dilaksanakan dengan cara kolektif dikumpulkan Ketua Rombongan. “Pembayaran DAM berkisar 375 SR atau 1.5 juta dengan kurs 1SR = Rp. 4.000,-, kegiatan berlangsung dari pukul 06.30 WAS beranjak dari hotel,” ungkapnya.

Pembayaran DAM Jemaah haji Tanah Laut sebanyak 241 orang dilakukan karena melaksanakan Haji Tamattu, yakni melakukan umrah terlebih dahulu sebelum ibadah haji.

Pelaksanaan DAM tersebut wajib dilakukan dengan salah satu dari tiga caya yakni menyembelih hewan ternak seperti Kambing, Sapi atau Unta, kemudian berpuasa selama 10 hari atau memberi makan fakir miskin seharga hewan yang disembelih.

Lebih lanjut H. Husni mengatakan usai membayar dam jemaah berziarah ke tempat tempat yang bersejarah seperti Gua di Jabal Tsur, Jabal Rahmah tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa dan tempat tempat suci lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar