Hilal Tak Terlihat Di Pantai Takisung Kab. Tanah Laut

Dipimpin langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Tala), Drs.H. Muhammad Tambrin, M.MPd laksanakan rukyatul hilal bertempat di pantai takisung di Kecamatan takisung, Senin (08/07).Tanah Laut (Tala), Drs.H. Muhammad Tambrin, M.MPd laksanakan rukyatul hilal bertempat di pantai takisung di Kecamatan takisung, Senin (08/07).
Pelaksanaan rukyatul hilal bertujuan untuk mengetahui awal bulan ramadhan disaksikan oleh berbagai unsur yang datang langsung kepantai takisung, diantaranya Kabag Kesra Pemkab Tala, Kapolsek Takisung, Ketua NU Kab. Tala, Pejabat dilingkungan Kemenag Tala, tokoh agama yang ada dikabupaten Tala.
Berdasarkan pengamatan di lapangan, didapatkan hasil laporan ketua Lajnah Falakiyah NU Prov Kalsel, Akhmad Syaikhu, S.Ag, SIP, MSi yang ikut membantu pelaksanaan rukyatul hilal menerangkan hasil nya dimana untuk keadaan hilal dengan ketinggian hilal + 00°17’56’’ dengan posisi hilal sebelah selatan matahari, untuk keadaan cuaca sekitar ufuk diselimuti awan rendah didapatkan hasil pemantauan dimana hilal tidak terlihat.
Kepala Kankemenag saat pelaksanaan berlangsung, menjelaskan kepada yang ikut menyaksikan pelaksanaan rukyatul hilal, nantinya hasil yang didapatkan dari pemantauan akan dilaporkan ke Kementerian Agama Pusat, sebagai bahan pada sidang isbat untuk menentukan awal ramadhan 1434 H, hal tersebut dilakukan seluruh Kantor Kamenterian Agama yang ada di Indonesia” jelas Kankemenag.
Sedangkan pelaksanaan yang dilalukan di pantai, Kankemenag menjelaskan tujuan pantai sebagai tempat pelaksanaan rukyatul hilal sebagai tempat yang dianggap strategis untuk pemantauan, dikarenakan rukyatul hilal dipantai dapat dilakukan tanpa ada halangan menganggu pandangan” jelas Beliau.

Posting Komentar

0 Komentar