Pembinaan Penyuluh Agama Non PNS Se Kab. Tanah Laut

Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Laut dalam hal ini Seksi Bimas Islam menyelenggarakan Pembinaan Penyuluh Agama Non PNS se Kab. Tanah Laut tahun 2014 yang bertempat di Aula Kankemenag Tala, Rabu (05/02).
Kegiatan ini dihadiri para Penyuluh Agama Non PNS yang ada di Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah sekitar 210 orang.
Ketua  panitia dalam hal ini Kepala Seksi Bimas Islam, Darmawi, S. Pd. I mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemahaman agama yang menyeluruh untuk masing-masing wilayah di setiap Kecamatan yang ada di Kab. Tanah Laut.“Kegiatan ini juga bertujuan untuk para Penyuluh agar bisa membuat laporan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan di daerahnya masing–masing dan ini sifatnya wajib. Dikarenakan para penyuluh sendiri mendapatkan insentif dari Pemerintah dalam hal ini Kemenag RI”, ujar Darmawi.
Sementara itu, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini, Kepala Kankemenag Tala, Drs. H. M. Tambrin, M. MPd mengatakan pentingnya akan tugas seorang penyuluh Agama.
Beliau menerangkan tugas penyuluh tidak semata-mata melaksanakan penyuluhan agama dalam arti sempit berupa pengajian saja, akan tetapi keseluruhan kegiatan penerangan baik berupa bimbingan dan penerangan tentang berbagai program pembangunan. Penyuluh berperan sebagai pembimbing umat dengan rasa tanggung jawab, membawa masyarakat kepada kehidupan yang aman dan sejahtera. Posisi penyuluh agama Islam ini sangat strategis baik untuk menyampaikan misi keagamaan maupun misi pembangunan.“Penyuluh agama Islam juga sebagai tokoh panutan, tempat bertanya dan tempat mengadu bagi masyarakatnya untuk memecahkan dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh umat Islam”, lanjut H. Tambrin.
Oleh karenanya, Beliau mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, para penyuluh bisa memahami dan menerapkan tugas sebenarnya seorang penyuluh bagi masyarakat yang dibinanya.
Adapun narasumber dalam Pembinaan ini adalah Prof. DR. H. Ahmad Fahmi Arief, MA, dimana beliau adalah Guru Besar Pasca Sarjana IAIN Antasari Banjarmasin.

Posting Komentar

0 Komentar