Kemenag Gelar Rakor Penyuluh

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Tanah Laut, Senin (12/06/17) di aula Kemenag Tala.

Kepala Kantor Kemenag Tala Drs.H.Rusbandi,MA dalam arahannya mengatakan, kepada seluruh penyuluh maupun kepala KUA untuk lebih berperan aktif dalam menyikapi hal-hal yang terjadi dimasyarakat. Karena menurutnya penyuluh maupun Kepala KUA adalah ujung tombak dari Kemenag yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

H.Rusbandi juga mengharapkan, jika terjadi hal-hal yang keliru dimasyarakat terkait dengan aliran maupun pemahaman yang keliru selama tidak bertentangan dengan aqidah maka harus saling menghargai dan dihormati. ‘’Selama hanya perbedaan pada furu’iyah dan bukan pada aqidah maka kita menghargai perbedaaan tersebut,’’ tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H.Zairin Fanzani, S.Ag, tujuan digelarnya rakor tersebut dalam rangka menghadapi paham dan ajaran yang berkembangan dimasyarakat serta pendataan ulang Majelis Ta’lim yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

Kemudian dijelaskannya untuk menyikapi informasi yang berkembang dimasyarakat terkait dengan paham radikalisme dan paham aliran lainnya yang rentan bermunculan serta menyamakan visi dan misi Kemenag dalam menghadapi paham tersebut.

``Kita imbaukan kepada penyuluh maupun masyarakat, jika terdapat aliran yang menyimpang jangan langsung memvonis atau mengambil kesimpulan, akan tetapi kita tindak lanjuti kepada yang berhak seperti MUI, Kejaksaan, Kapolres dan Kementerian Agama sendiri,`` harapnya.

Rapat tersebut dihadiri seluruh pejabat dilingkungan Kemenag Tala, seluruh penyuluh dan Kepala KUA se Kabupaten Tanah Laut.

Posting Komentar

0 Komentar