Kemenag Tala Dukung PSBB Rapit Test Covid-19

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) akan mendukung secara penuh pelaksanaan Pemeriksaan Secara Besar Besaran (PSBB) Rapit Test Coronavirus oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Tala untuk memutus rantai penularan virus covid-19 di Bumi Tuntung Pandang.

“ASN kami siap jika nanti memang diminta melaksanakan rapit test itu, karena tujuannya adalah untuk membendung penyebaran virus itu dan semua demi kebaikan kita bersama,” ujar Ka.Kankemenag Tala H.M.Rusdi Hilmi saat mengikuti Rapat Evaluasi Penanggulangan Covid-19 di Tanah Laut, Jum’at (08/05/20) pagi di gedung Sarantang Saruntung Pelaihari.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag mengatakan untuk memutus penularan covid19 perlu kerjasama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, pencegahan penyebaran virus tersebut tidak bisa berjalan efektif tanpa adanya kerjasama seluruh masyarakat.

“Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh masyarakat, oleh karenanya mari kita bersama sama memerangi virus ini dengan disiplin menjalankan ptotokol kesehatan seperti disiplin jaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain, menjauhi adanya kerumunan masa, disiplin menggunakan masker dan sering sering mencuci tangan setelah beraktivitas,” papar Rusdi Hilmi.

Sementara Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam arahannya mengatakan penyebaran covid-19 di Tanah Laut semakin hari semakin meningkat, maka dari itu perlu langkah cepat dan kongkrit untuk memutus penyebaran virus tersebut.

“Pelaksanaan PSBB Rapit Test coronavirus ini merupakan langkah kita dalam menanggulangi penyebaran covid-19, bentuk PSBB kita saat ini yakni Pemeriksaan Secara Besar Besaran Rapit Test level dua, kita akan kerahkan seluruh puskesmas puskesmas dikecamatan untuk menjalankan misi ini,” ujar Sukamta.

Lebih lanjut Bupati Tala mengatakan pelaksanaan rapit test pertama akan dilaksanakan pada minggu depan dengan target awal yang akan di rapit test sebanyak 14.900 orang, terdiri dari pelaku perjalanan, tenaga medis dan masyarakat yang masuh dalam desa zona merah.

“Jika rapit test ini sudah terlaksana kita enak memilah dan memisah mana yang reaktif dan mana yang tidak reaktif sehingga mudah kita menanganinya, bagi yang reaktif positif akan langsung kita karantina, kita harus bergerak cepat karena ini menyangkut nyawa manusia,” jelas Sukamta.

Di akhir arahannya Bupati Tala meminta kepada seluruh kepala jajaran Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, OPD dan seluruh camat untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat di wilayah masing masing agar mendukung pelaksanaan rapit test tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar