Ka. Kankemenag Tala : MTQ Adalah Program Nasional

“Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah sebuah kegiatan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah melalui jalinan budaya Al Qur’an serta pemahaman isi dan kandungannya. Oleh karenanya, MTQ merupakan program nasional yang harus selalu dikembangkan dan ditingkatkan lagi dalam pelaksanaan kegiatannya baik itu ditingkat atas sampai tingkat bawah dalam hal ini Kecamatan”, hal tersebut disampaikan oleh Ka.Kankemenag Tala, Drs. H. M. Tambrin, M.MPd dalam arahannya selaku Pembina dalam kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kab. Tanah Laut dalam rapat kerja LPTQ Tala yang berlangsung di Aula Kankemenag Tala, Selasa (26/02).
Hadir dalam rapat ini Ketua Umum LPTQ Tala, Drs. H. Abdullah, MM dimana beliau juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tanah Laut, seluruh pengurus LPTQ baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan yang ada di Kab. Tanah Laut.
Rapat kerja kali ini membahas tentang persiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan di Kec. Kintap pada tanggal 28 Maret 2013. Selain itu ada beberapa hal penting juga yang perlu dibahas terkait pelaksanaan MTQ tingkat nasional tahun 2014 dimana Kab. Tanah Laut bertindak sebagai tuan rumah.
Ketua Umum LPTQ dalam arahannya menegaskan beberapa hal diantaranya ketidakhadiran Camat Kintap dalam 2x rapat LPTQ. Beliau mengingatkan Camat Kintap melalui Sekcamnya yang hadir agar untuk rapat berikutnya berhadir dalam persiapan STQ yang akan dilaksanakan di Kec. Kintap.
“Camat harus berperan aktif dengan berkoordinasi bersama Kepala KUA Kec. Kintap demi suksesnya pelaksanaan STQ nanti, karena camat adalah ujung tombak yang ada di kecamatannya dan bertanggung jawab untuk kemajuan daerahnya”, tegas Beliau.
Hal tersebut ditegaskan beliau mengingat semakin dekatnya pelaksanaan STQ sendiri. Pihak Kabupaten hanya sebagai titik koordinasi dan untuk suksesi kegiatannya tergantung kinerja dari Kecamatan yang bertindak sebagai tuan rumah.
Beliau juga mengharapkan “kepada pengurus LPTQ Kecamatan agar segera mengajukan proposal pencarian dana hibah masing-masing Kecamatan paling lambat hari Jumat (01/03), karena apabila tidak dicairkan dengan segera akan mengganggu pelaksanaan STQ nantinya”, ujar Abdullah.
Terkait pelaksanaan MTQ tahun 2014 yang akan dilaksanakan di Kab. Tanah Laut, senada apa yang disampaikan Kepala Kankemenag Tala, Ketua Umum berharap agar pada tahun 2013 sudah dilakukan persiapannya, mengingat ini adalah momen besar dan merupakan program nasional.

Posting Komentar

0 Komentar