Kemenag Tala Gelar Pembinaan Umat Beragama

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tala, H.Rusmadi,S.Ag,S.Pd,I,MM buka secara resmi kegiatan sekaligus memberikan materi Pembinaan Umat Beragama di Kabupaten Tala, Rabu (13/05/15).
Ka.Kankemenag dalam materinya menyampaikan kegiatan pembinaan keagamaan yang dilatar belakangi Indonesia adalah bangsa yang majemuk dalam hal kehidupan beragama, baik kehidupan antar atau internal umat beragama.
“Agama dapat menjadi perekat perdamaian tetapi agama juga dapat menimbulkan ketegangan dan kekerasan sosial, untuk mencegah konflik antar umat beragama maka perlu adanya pembinaan terhadap pemuka-pemuka agama, tokoh-tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan,” terang Ka.Kankemenag.
Beliau juga menambahkan bahwa peranan tokoh-tokoh agama sangat berperan penting dalam membina umat beragama, oleh karena itu mereka harus ditingkatkan pengetahuan dan wawasannya dalam pengetahuan agama, sebab yang mempunyai kecenderungan kurang rukun adalah segelintir ataupun kelompok umat beragama.
“Jika pemuka-pemuka agama tidak bisa memahami dan meneladankan atas perbedaan dan persamaan antar agama kepada masyarakat, maka akan timbul kasus-kasus yang mengakibatkan terjadinya kerawanan, antara lain konflik intern umat beragama maupun antar umat beragama serta antara umat beragama dengan pemerintah, yang dimanfaatkan oleh golongan ekstrim dalam bentuk adu domba,” tambahnya.
Pembinaan umat beragama yang diselenggarakan Kankemenag Tala diikuti 60 peserta terdiri dari pemuka agama, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

Posting Komentar

0 Komentar