Pesta adat Mappanretasi Muara Asam-Asam Tanah Laut



Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Ka.Kankemenag Kab.Tala) H.Rusmadi,S.Ag,S.Pd,MM hadiri Pesta adat Mappanretasi (pesta pantai) tradisi suku Bugis yang berada diaderah pesisir pantai muara asam-asam kecamatan Jorong, Minggu (27/03/16).

“tradisi sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang melimpah hendaknya selalu mengingatkan kita kepada Sang Pencipta Alam semesta, bahwa apa pun nikmat yang diberikannya hendaknya selalu dapat di syukuri dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya,”ungkap Kemenag Tala yang ikut langsung didalam kapal nelayan yang telah dihias sedimikian meriah dengan warna dan bendera.

H.Rusmadi juga memberikan aprisiasi kepada Dinas Pariwisata Kab.Tala bersama masyarakat sekitar pesisir pantai yang telah berusaha mempersiapkan segalanya sehingga dapat terlaksananya kegaiatan yang menarik perhatian masyarakat yang datang bukan hanya di sekitar kecamatan jorong akan tetapi hingga kabupaten lain yang ada di Kalimantan Selatan.

Turut hadir Wakil Bupati Tala, Ketua beserta anggota DPRD Tala, Kepala SKPD Pemkab Tala, Camat Jorong, tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan masyarakat yang datang memenuhi pantai yang di resmikan Wakil Bupati Tala, H.Sukamta dengan nama pantai Asmara.

H.Sukamta dalam sambutannya mengajak untuk bersama-sama mengembangkan dan membangun objek wisata yang ada, dan pemerintah daerah akan terus mendukung dengan mempasilitasi untuk kemajuan objek wisata yang ada di Kab.Tala.

Beliau juga berpesan agar masyarakat dapat menjaga objek wisata pantai ini dengan memberikan kesan kepada pengunjung yang datang dengan menjaga keamanaan dan kenyamanan selama pengunjung berada di  objek wisata ini” harap beliau. 

Pesta Pantai di pimpin seorang Sandro yang didampingi oleh 12 pengiring dengan menggunakan pakaian adat suku Bugis dengan warna yang serba Kuning, dengan diikuti ratusan kapal nelayan akan mengerubungi kapal yang ditumpangi Sindro untuk mengikuti pembacaan doa selamatan laut.

Posting Komentar

0 Komentar