Tala Dijadikan Central Produksi Pajale Di Kalsel

Sehubungan dengan Kunjungan Kerja Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman ke Wilayah Kodim 1009/Pelaihari (Plh) dalam rangka panen Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) di Demlot tanaman jagung Kodim 1009/Plh. “Tala akan dijadikan Central Produksi Pajale terbesar di Kalsel” ungkap Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor saat sambutan acara syukuran panen Pajale di Jl. A. Yani Simpang Tiga Pos DLLAJR desa Ambungan Kec. Pelaihari Kabupaten Tala. Selasa, (29/03/16).

Dalam sambutannya Gubernur kalsel mengatakan Tala merupakan daerah terbesar penghasil jagung. “Tidak hanya jagung yang akan menjadi unggulan Tala, tetapi padi dan kedelai juga,” ucapnya. Gubernur juga mengatakan hasil dari panen tersebut merupakan hasil kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat serta dibantu TNI Polri yang berperan dalam pengembangan pemanfaatan lahan. “Yang terpenting adalah inovasi, dengan memanfaatkan area tidur menjadi produktif,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Tala H. Rusmadi, S.Ag,S.Pd.I,MM mengatakan patut bersyukur atas hasil panen yang di dapatkan dan kedepannya sama – sama bersinerji untuk meningkatkan Tala lebih maju dan unggul dalam pangan maupun ternak.
Kan.Kankemenag juga berharap dengan dijadikannya Tala sebagai Central Pajale akan meminimalisir dari impor pemerintah kegiatan pangan. “Sehingga upaya pencapaian target yang dilakukan pemerintah dapat terlaksana,” harapnya. 

Acara tersebut dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pangan RI, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Wakapolda) Kalsel,  Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, Kepala Polisi Resort (Kapolres) dan seluruh SKPD terkait. Acara tersebut diawali dengan apel siaga dan simulasi penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilanjutkan Syukuran panen Pajale dan diakhiri cetak sawah di Desa Sumber Makmur Kec. Takisung.

Posting Komentar

0 Komentar