Kemenag Gelar Dialog Lintas Agama

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar Dialog Lintas Agama di Lingkungan Kabupaten Tanah Laut, Rabu (27/09/17) di Aula Kemenag Tala.

Kegiatan tersebut dihadiri para tokoh agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Katolik serta para perwakilah organisasi keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, LDII, Penyuluh Agama Islam, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para Kepala KUA se Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Drs. H.Noor Fahmi, MM dalam kesempatannya menyampaikan peran pembangunan agama harus beroreintasi pada sikap menghormati keragaman dan kemampuan mengelola perbedaan.

“Pembangunan agama harus diarahkan untuk meredam ekspresi intoleransi seperti permusuhan, diskriminasi, dan tindakan kekerasan terhadap pihak lain,” imbaunya.

Ka.Kanwil mengharapkan masing-masing individu maupun kelompok bersedia hidup bersama dalam sebuah komunitas yang beragama.

Sementara Kepala Kemenag Tala Drs.H.Rusbandi,MA dalam arahannya menyampaikan kebijakan Kemenag dalam membina kerukunan umat beragama melalui stategi yang sudah ada dilaksanakan baik melakukan dialog internal lintas agama, perkuatan fungsi FKUB dan pembinaan dalam kearipan lokal.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag berharap kegiatan tersebut menghasilkan sebuah tindakan atau strategi yang bisa dilaksanakan dalam upaya pencegahan konfilik yang akan terjadi.

“Kita tetap waspada dan melalui penyuluh agama diharapkan  dapat mendeteksi sedini mungkin jika ada hal-hal yang berpotensi terjadinya konflik,” imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar