Ka.Kankemenag: Segera Tindak Lanjuti Temuan Hasil Audit Dana BOS

“Segera tindak lanjuti temuan hasil audit Bantuan Operasional Siswa (BOS) tahun anggaran 2017,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Tanah Laut Drs. H. Rusbandi, MA saat memberikan sambutan pada kegiatan ekspose Hasil audit kinerja program BOS Tahun Anggaran 2017, Kamis (31/05/18) di aula Kemenag. 

Ka.Kankemenag mengimbau kepada seluruh Kepala Madrasah dan Pimpinan Pondok Pesantren yang di audit agar segera menyelesaikan hasil temuan audit yang disampaikan.

“Saya mohon kerjasama jika ada temuan pengembalian berupa uang, segera setor ke kas negara saat ini juga, agar tidak masuk kedalam rekomendasi yang harus ditindak lanjuti,” harapnya.

H. Rusbandi mengatakan audit kinerja program BOS tersebut merupakan sebuah pembelajaran penting bagi semua agar kedepannya dapat memberikan kinerja lebih baik lagi dari hasil audit saat ini.

“Kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan ditahun lalu, jangan sampai terulang kembali dimasa yang akan datang,” pintanya.

Dikesempatan tersebut pengendali teknis tim audit kinerja BOS Nikmatul Atiyah mengatakan audit dana BOS secara langsung untuk lingkungan Satker di Kemenag Tala tersebut merupakan yang pertama kali untuk periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2017.

“Ada beberapa temuan yang kita dapat antara lain ada penggunaan dana BOS yang belum sesuai juknis, pembayaran honor yang tidak sesuai Standart Biaya Masukan (SBM) dan masih ada pajak yang belum disetor,” jelasnya.

Lebih lanjut Nikmatul Atiyah menyampaikan nilai capaian hasil audit kinerja Kemenag Tala mendapatkan nilai 71,094 dikategori yang Cukup/Normal, penilaian tersebut berdasarkan PMK Nomor 249 Tahun 2011.

“Mudah mudahan kedepannya akan lebih baik lagi, laksanakan anggaran BOS sesuai dengan Juknis yang berlaku, sehingga jika kedepannya dilaksanakan audit kembali tidak ada pengembalian anggaran ke negara, sehingga nilai capaian hasil audit kinerja dapat meningkat,” pungkasnya.

Menaggapi nilai capaian hasil audit tersebut, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Tala Drs. H. M. Rusdi Hilmi, MA merasa bersyukur dapat memperoleh nilai capaian pada kategori cukup baik, “Namun saya berharap kedepannya kita dapat meningkatkan capaian nilai tersebut,”harapnya.

Kegiatan ekspose hasil audit program BOS ditutup dengan penyerahan berita acara hasil audit dari pengendali teknis ke Kepala Kemenag Tala dan selanjutnya dilaksanakan penandatanganan berita acara tindak lanjut hasil audit yang diwakili MAN Tala, MTs Darul Amanah dan Pondok Pesantren Darus Salim.

Posting Komentar

0 Komentar