Kemenag Tala Gelar Rukyatul Hilal Awal Syawal 1439 H

Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar Rukyatul Hilal Awal Syawal 1439 H yang bekerjasama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Tala, UIN Antasari Banjarmasin dan Lembaga Falakkiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (14/06/18) sore di pantai Takisung. 

Ka.Kankemenag Tala Drs.H.Rusbandi, MA mengatakan pelaksanaan kegiatan rukyatul hilal merupakan langkah yang ditempuh untuk menentukan Awal Syawal 1439 H. “Salah satu penanda berakhirnya bulan lama dan masuknya bulan baru adalah terjadinya peristiwa Ijtimak (conjunction), yaitu ketika tiga buah benda langit yaitu matahari, bumi dan bulan berada pada bujur ekliptika yang sama,” katanya.

Lebih lanjut H. Rusbandi menambahkan walau bagaimanapun dalam menentukan 1 Syawal tetap harus menunggu keputusan pemerintah.

Sementara itu Pjs. Bupati Tala dalam hal ini diwakili Sekda Tala Drs. H. Syahrian Nurdin, M.Si mengatakan, jika dalam pelaksanaan tersebut hilal terlihat, maka pada petang (Magrib) nanti dapat ditentukan bersama bahwa telah memasuki bulan baru hijriyah yakni bulan Syawal.

Pada kesempatan itu H. Syahrian berharap setelah sebulan berpuasa, sebagai umat Islam agar lebih mengendalikan diri dari hal hal negatif dan lebih mawas diri dibulan bulan berikutnya. “Suasana ramadhan yang penuh kedamaian agar terus kita bawa dalam kehidupan kita sehari- hari,” harapnya.

Ketua Lembaga Falakkiyah PW NU Kalimantan Selatan Akhmad Syaihu mengatakan, pelaksanaan rukyatul hilal dapat dilaksanakan setelah matahari terbenam dan mempunyai waktu 35 menit untuk mengamati Hilal. “Dari hasil pelaksanaan rukyatul hilal yang kita laksanakan, kita tidak dapat melihat Hilal karena terhalang kabut,” katanya.

Posting Komentar

0 Komentar