Ka.Kankemenag: Pontren Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengatakan pondok pesantren harus mengikuti perkembangan zaman terkait aplikasi pengelolaan data dan informasi. 

“Pontren harus mengikuti perkembangan zaman, jangan tertinggal,” ujarnya saat memberikan sambutan dan materi pada kegiatan pengelolaan data dan informasi Pontren se Kab. Tanah Laut tahun 2018, Selasa (13/11/18) di aula Kankemenag Tala.

Menurutnya kegiatan tersebut terkait data pangkalan yang sifatnya sangat penting dalam bahan pengambilan kebijakan.

Ka.Kankemenag berpesan agar para operator dapat belajar banyak dan menggunakan kesempatan tersebut secara maksimal. “Tidak ada lagi alasan pontren yang tidak bisa dan tidak terdaftar yang mengakibatkan tertinggal,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Awang Fatuddin mengungkapkan pengelolaan data Emis tersebut guna memverifikasi dan memvalidasi data sesuai di lapangan sehingga tidak membawa pengaruh dan mengganggu pencairan bantuan atau dana. “Jangan sampai bantuan tidak bisa diberikan hanya karena sistem pengelolaan yang tidak baik,” ujarnya.

Sebelumnya, panitia pelaksana Nurul Fadhilah, S.Pd.I melaporkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menghimpun data pendidikan keagamaan di Kabupaten Tanah Laut sebagaimana yang nantinya menjadi bahan acuan pengambilan kebijakan dari tingkat pusat hingga ke daerah.

Kegiatan pengelolaan data dan informasi Pontren se Kab. Tanah Laut tersebut menghadirkan narasumber kegiatan tersebut terdiri Kepala Kemenag Tala, dan dari Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kemenag Kalsel dengan Jumlah peserta sebanyak 65 orang terdiri Operator EMIS pada Pondok Pesantren Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Lembaga Pendidikan Qur’an.

Posting Komentar

0 Komentar