Ka.Kanwil: Jaga Kerukunan Umat Ciptakan Kedamaian


Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan H.Noor Fahmi mengatakan seluruh umat bergama harus menjaga kerukunan antar umat beragama serta interen umat beragama agar tercipta kedamaian.

“Mari kita menjaga kerukunan umat beragama dengan tidak meresahkan dengan aliran-aliran yang menyimpang,” katanya, pada acara Silaturahmi Aktor Kerukunan Umat Beragama, Senin (24/08/20) di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Ka.Kanwil mengajak kepada semua pihak agar para aktor kerukunan umat beragama bersama-sama menjaga kebebasan melaksanakan ibadah masing-masing.

“Dikondisi sekarang ini jangan sampai dimanfaatkan untuk mempecah kebersamaan antar umat beragama, mari saling menghargai, menghormati dan menjaga kebebasan serta tidak saling mengganggu,” ajaknya.

Ka.Kanwil juga berpesan agar peran dan fungsi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Kalsel bisa bersinergi dalam menanggulangi ajaran-ajaran sesat, konflik internal dan memberi pencerahan terkait pelaksanaan Pilkada dan kondisi pandemi Covid-19.

Hal senada diungkapkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kemenag Tala H.Zairin Fanzani yang turut berhadir mengatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk meningkatkan rasa kebersamaan, toleransi dan kerukunan diantara pemeluk agama.

“Banua tidak akan maju, aman dan damai jika terjadi perselisihan dan kegaduhan antar pemeluk agama, mari kita jaga dan bina kerukunan ini agar terjalin hubungan yang harmonis, baik intern dan antar pemeluk agama juga dengan pemerintah,” jelasnya melalui via whattaps.

Selain itu terkait isu-isu keagamaan agar tidak dipolitisir dan diperbesar, akan tetapi harus duduk bersama, dimusyawarahkan dan diselesaikan dengan baik dan kekeluargaan sehigga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Adapun peserta terdiri Kasubbag TU Kemenag dan pengurus FKUB dan dibuka secara resmi Ka.Kanwil dan sebagai narasumber diantaranya Ketua FKUB Kalsel H. Mirhan AM, Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Sukriani, dan H. Syarbaini Haira, dari Univ. NU Kalsel.

Posting Komentar

0 Komentar