Rakor Seksi Mapenda bersama Kepala Madrasah dan para Pengawas yang ada di Lingkungan Kankemenag Tala

Di sela-sela Rakor Kankemenag Tala yang dilaksanakan kemarin, Kepala Seksi Mapenda Kankemenag Tala,Hamsani, S.Pd.I mengatakan,” sebanyak 2.222 Siswa yang berasal dari Madrasah-Madrasah yang ada di Lingkungan Kankemenag Tala mendapatkan beasiswa bagi siswa miskin”,terang Beliau. Masalah pencarian dana BSM ini direncanakan besok (hari ini-red),dana sudah ditransfer ke rekening Madrasah masing-masing melalui bank BTN yang bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Prov. Kalsel dan diharapkan untuk setiap Madrasah agar segera menindaklanjuti terkait beasiswa ini.
Hal tersebut terkait dari instruksi dari Menteri Agama pada saat Raker dengan KaKanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se Indonesia yang juga disampaikan oleh Kepala Kankemenag Tala, Drs.H.M.Tambrin,M.MPd ketika pembukaan Rakor kemarin bahwasanya tidak ada siswa miskin yang putus sekolah karena masalah biaya.
Berdasarkan hasil Rakor kemarin, Seksi Mapenda beserta Kepala Madrasah dan Pengawas yang di lingkungan Kankemenag Tala menyepakati beberapa hal. Diantaranya terkait masalah kedudukan Pengawas. Untuk kedudukan pengawas sendiri menunggu keputusan dari Kanwil Kemenag Prov.Kalsel, akan tetapi ada beberapa kesepakatan diantaranya masalah absensi pengawas. Dimana absensi manual dilakukan di Kankemenag Tala selama 6 hari kerja.
Terkait masalah laporan bulanan pengawas,sesuai instruksi Kepala Kantor,Kasi Mapenda kembali menegaskan agar para pengawas harus menyerahkan laporan bulanannya kepada Seksi Mapenda. Selama tahun 2012 sudah 95 % terealisasi menyangkut laporan pengawas ini. Diharapkan nantinya agar seluruh pengawas bisa melaporkan kinerjanya satu bulan sekali. Beliau juga menambahkan laporan ini nantinya berhubungan langsung dengan sertifikasi pengawas sendiri dan juga pemerikasaan Inspektorat Jendral terfokus pada penilaian kinerja pengawas dan Kepala Madrasah.
 Mengenai calon pengawas,mulai tahun 2013, untuk rekrutmen pengawas akan diadakan seleksi tes bagi Guru yang ingin menjadi Pengawas Madrasah dan PAI. Pelaksanaan tes sendiri dilaksanakan oleh Bidang Mapenda Kanwil Kemenag prov. Kalsel.
Untuk penggunaan dana BOS, diharapkan setiap Madrasah agar melaporkan penggunaan dana kepada Kantor Kemenag melalui Seksi Mapenda. Hal ini nantinya agar memudahkan pengawasan terkait pengelolaan dana BOS. Selain itu, diharapkan Madrasah juga memberikan laporan kinerja bulanannya kepada Seksi Mapenda Kankemenag Tala.

Posting Komentar

0 Komentar