Kankemenag Tala Dapatkan Pendampingan Serapan Anggaran

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tala,H.Rusmadi,S.Ag,S.Pd.I.MM berikan motivasi kepada seluruh Kuasa pengguna anggaran (KPA) pada satuan kerja dilingkup Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) untuk dapat meningkatkan daya serap anggaran triwulan IV di tahun 2015, Rabu (23/09/15) di gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tala.
Pelaksanaan pendampingan serapan anggaran tahun 2015 dilingkungan Kankemenag Tala dilaksanakan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan selama 1 (satu) hari dan diikuti seluruh Kepala Seksi (Kasi) dilingkup Kankemenag Tala dan 1 orang KPA tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN), 6 orang KPA tingkat MTsN dan 5 orang KPA untuk tingkatan MIN  yang ada di Kab.Tala.
Ka.Kankemenag mengungkapkan, adanya faktor yang merupakan penghambat proses penyerapan anggaran yang merupakan permasalahan klasik yang selalu ada dari tahun ke tahun, diantaranya perencanaan kegiatan tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga mengakibatkan anggaran cenderung menumpuk di akhir tahun anggaran
Dalam pemaparan pendampingannya, Ka.Kankemenag juga menampilkan persentasi anggaran belanja (belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, belanja bansos) yang ada pada Satker dilingkup Kemenag dengan jumlah pagu sebesar 48.712.280.000 mengalami peningkatan ditahun 2014 yang hanya 41.974.880.000 serta pagu yang ada di Madrasah dan nilai realisasi serapan yang telah dilaksanakan.
Di akhir pemaparannya, Kankemenag mengharapkan agar setiap KPA dapat merealisasikan serapan yang telah di program secara terencana dan untuk kedepannya perlunya juga data valid bertanggung jawab menuju perencanaan dan  keuangan yang lebih realistis.
“di sisa waktu ini agar, maksimalkan penyerapan anggaran dengan kegiatan sesuai kebutuhan dan  patuh pada aturan tata kelola keuangan yang ada, jangan sampai menumpuk diakhir tahun untuk merealisasikan serapan,” harapnya.
Kegiatan dibuka secara resmi Ka.Kanwil Kemenag Prov. Kalsel Drs.HM.Tambrin,M.MPd dengan menuturkan dalam penganggaran perlu memperhatikan prinsip penganggaran berbasi kinerja diantaranya perlunya Transparansi dan akuntabilitas anggaran, disiplin anggaran, Keadilan anggaran, Efisiensi dan efektivitas anggaran, dan yang terakhir disusun dengan pendekatan kinerja

Posting Komentar

0 Komentar