Seleksi Sipa Dhamma Samajja Tahun 2015

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, H.Rusmadi,S.Ag,S.Pd.I,MM mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan membuka kegiatan seleksi Sipa Dhamma Samajja Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015, di Sasana Vihara Buddha Pelaihari, Jumat (18/09/15) sore.
Kegiatan seleksi Sipa Dhamma Samajja yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 sd 20 September 2015 ini diikuti 69 orang peserta, terdiri dari pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Tingkat Menenggah Atas (SMA) dari 4 (empat) Kabupaten yang ada di Kalimantan selatan. Diantaranya Kota Banjarmasin, Balangan, Kotabaru dan tuan rumah Kab.Tanah Laut, dengan dihadiri Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov.Kalsel, Ketua Majelis Buddha, san tokoh agama Buddha.
Ka.Kankemenag dalam sambutannya mengungkapkan, seleksi sipa dhamma samajja ini merupakan  momen  penting  dalam  membangun karakter Buddhis yang baik. “Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat  membentuk karakter peserta yakni memiliki rasa cinta tanah air, berakhlak mulia, berbudaya sehat dan mandiri serta dengan itu juga melalui seleksi ini bisa mempererat kebersamaan dan kekeluargaan,” ungkapnya.
Selain itu, Ka.Kankemenag juga mengharapkan kepada para pimpinan majelis dan tokoh-tokoh umat Buddha yang berhadir untuk menjaga dan senantiasa meningkatkan Tri kerukunan umat beragama, baik kerukunan intern umat Buddha, maupun kerukunan antar umat beragama dan kerukunan terhadap pemerintah,” harap beliau.
Sedangkan ketua panitia I Gede Astana,MM yang juga Pembimas Budha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan selatan dalam laporan menyampaikan maksud dari pelaksanaan kegiatan ini untuk mencari gererasi muda yang terampil serta piyawai dalam mempraktikan ajaran Buddha yang ada di provinsi Kalsel, serta menjadi Generasi Muda Buddhis yang taat dan taqwa terhadap ajaran Buddha.
Di akhir sesi pembukaan dilakukan penggalungan kartu tanda peserta secara simbolis oleh Ka.Kankemenag didamping Pembimas Buddha sebagai tanda acara seleksi dimulai, adapun berbagai cabang yang seleksikan diantaranya Pembacaan Ayat Suci Dhammapada, Nyanyi Solo Buddhis, membuat Cerita Bergambar dan Cerdas Cermat.

Posting Komentar

0 Komentar