Sekjen Kemenag RI: Tiga Ciri Pendidik Yang Baik dan Profesional

Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI M. Nur Kholis Setiawan mengatakan ada tiga katagori ciri pendidik yang baik dan profesional.

Menurut M. Nur Kholis tiga komponen seorang guru yang profesional tersebut yakni pertama, Bisa memberikan sesuatu yang lebih, tidak hanya sekedar mentranfusi ilmu pelajaran akan tetapi harus mampu memberikan ilmu pengetahuan lainnya, kedua, Bisa mensopport/motivasi peserta didik karena generasi muda bagaikan generasi yang lemah dan mudah rapuh.

Dan yang ketiga, menurut Nur Kholis guru harus bisa menjadi teladan yang baik. “Seorang guru harus menjadi figur dan contoh bagi anak didiknya,” ucapnya pada Rapat Kordinasi Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (07/01/20) di Banjarbaru.

Di akhir arahannya Sekjen mengajak kepada semua Kepala Madrasah se Kalimantan Selatan untuk tetap semangat dan termotivasi mengajarkan ilmu dan tetap berdedikasi dengan sepenuh hati meskipun regulasi seiring jaman terjadi perubahan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut yang dalam hal itu diwakili kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Zairin Fanzani mengatakan pendidikan harus melibatkan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan orang tua khususnya dalam menghadapi pengaruh lingkungan, “Pengaruh yang paling besar terutama lingkungan maya yang tidak terhalang oleh waktu dan ruang,” ucapnya.

H. Zairin mengimbau keterkaitan dan pengawasan orang tua terhadap pendidikan anak sangat penting dan berpengaruh karena pengawasan anak tidak hanyak dilingkungan madrasah tetapi dirumah maupun diluar rumah.

Rakor yang dihadiri Kepala Kemenag Se Kalimantan Selatan tersebut, turut dihadiri kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ketua Pokjawas se Kalimantan Selatan.

Posting Komentar

0 Komentar