Laksanakan Tatanan Normal Baru, Ka.Kankemenag Pantau Layanan KUA

Dalam rangka memasuki tatanan normal baru, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut (Ka.Kankemenag Tala) H.M.Rusdi Hilmi memantau secara langsung layanan pernikahan pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Selasa (24/06/20) di KUA Kecamatan Kurau, Pelaihari.

Ka.Kankemenag menuturkan berdasarkan surat edaran nomor 06/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid, pelayanan pada KUA harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. “Layanan di KUA harus sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain itu Ka.Kankemenag mengatakan persiapan memasuki tatanan normal baru, para Kepala KUA harus berkordinasi dan berkomunikasi kepada Ketua Tim Gugus Covid Kecamatan agar pelaksanaan pelayanan pernikahan bagi masyarakat dapat dilakukan dengan baik dan tidak terganggu.

Ka.Kankemenag menghimbau kepada para Kepala KUA Kecamatan dapat mendukung dan melaksanakan pelayanan nikah dengan tatanan normal baru sehingga penyebaran covid 19 dapat diantisiapasi.

Tidak hanya itu, kedatangan Ka.Kankemenag di KUA kecamatan tersebut merupakan upaya tindak lanjut dan evaluasi tugas dan kenerja ASN khususnya Kepala KUA dan staff dalam bekerja selama pandemi covid 19.

Menurutnya walaupun masih diberlakukannya tugas Work From Office (WFO) dan Work From Home (WFH) bagi ASN Kemenag, pihaknya berharap layanan pada KUA tidak terganggu dan para Kepala KUA harus tetap berada dilingkungan kerja setiap hari. “Walaupun diberlakukan WFO dan WFH, Ka.KUA harus selalu standby setiap hari,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tala Hamsani. Para Kepala KUA harus melaksanakan dengan benar dan memastikan layanan KUA sesuai aturan pencatatan pernikahan.

Hamsani menegaskan layanan KUA merupakan tolak ukur layanan kementerian agama terdepan yang dirasakan langsung oleh masyarakat, oleh karena itu pihaknya berharap layanan KUA harus menjadi perhatian bersama agar kualitas dan kinerja institusi kementerian agama tertata dengan baik.

Selanjutnya Hamsani mengajak kepada semua jajaran Kepala KUA bersama masyarakat mendukung dan melaksanakan persiapan tatanan new normal dengan melaksanakan semua himbauan dan aturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Mari kita dukung dan laksanakan bersama tatanan new normal untuk bangsa dan daerah kita lebih baik lagi,” ajaknya usai mendamping Ka.Kankemenag memonitoring KUA Kecamatan.

Posting Komentar

0 Komentar