Tim BHR Tanah Laut Lakukan Validasi Arah Kiblat

Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tanah Laut (Tala) melakukan validasi arah kiblat di Masjid Tanah Laut, Selasa (11/12/18).

H. M. Wahyudi, S.Ag mengatakan, validasi arah kiblat tersebut guna memastikan arah kiblat dan menghindari kemungkinan ketidakakuratan arah kiblat di Mesjid maupun Mushalla.

Lebih lanjut H. Wahyudi menyampaikan, tim BHR sudah melakukan validasi 7 masjid di kawasan Pelaihari diantaranya mesjid An-Nur Komplek Gagas Permai Pelaihari, Mesjid At-Taubah Gunung Melati,  Mesjid Miftahul Huda di Gunung Mas dan hasil dari validasi tersebut tidak ada terdapat kekeliruan karena hasil dari validasi hanya 0,01 derajat.

“Jika hanya 0.01 derajat tidak mempengaruhi arah kiblat, kecuali jika 1 derajat maka demikian sudah bergeser beberapa kilometer arah kiblat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sub bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kemenag Tala H. Zairin Fanzani, S.Ag menuturkan, BHR yang baru saja dibentuk kerjasama antara Kemenag dengan Pemerintah daerah pada beberapa bulan yang lalu mengatakan validasi arah kiblat tersebut merupakan salah satu langkah dan ekspansi tugas dan fungsi BHR bagi masyarakat.

“Melalui lembaga BHR ini diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam verifikasi dan validitas arah kiblat seluruh mesjid dan musolla yang ada di Tanah Laut,” katanya.

Selain itu pihaknya menambahkan, tugas BHR disamping menentukan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Zulhijah yang sering terjadi perbedaan diharapkan pula dapat menyatukan persepsi atau perbedaan dalam menentukannya.
 
Tim BHR akan terus melakukan validasi mesjid dan mushalla dan melibatkan perwakilan Kominfo dan Kepala KUA.

Posting Komentar

0 Komentar