Ka.Kankemenag: KUB Sebagai Pondasi Dasar Dalam Membangun Bangsa

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. M. Rusdi Hilmi mengatakan, Kerukunan Umat Beragama (KUB) merupakan pondasi dasar dalam upaya membangun suatu bangsa.

“Tanpa adanya kerukunan umat beragama, mustahil pembangunan bangsa dapat kita teruskan,” ujarnya saat mengikuti rapat audensi dan pendampingan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (26/06/19) pagi di gedung Barakat Lantai II Sekda Tala.

Rusdi Hilmi mengatakan, selama ini antar FKUB Kabupaten dengan Kemenag dan Pemkab Tala telah terjalin sinergitas yang luar biasa, demi menjaga kestabilan dan keutuhan KUB. “Semoga kita semua terus dapat meningkatkan hubungan kerjasama ini, demi terwujudnya keutuhan NKRI,” harapnya.

Sebelumnya Wakil Sekretaris FKUB Kalsel Bayani Dahlan menuturkan, sesuai dengan hasil riset yang dilakukan, Tala merupakan masyarakat yang heterogen dan potensial akan terjadinya konflik. “Maka sebelum terjadinya konflik kita mengantisipasi hal itu melalui dialog, baik dari kalangan pemuda, cendekia dan tokoh tokoh agama di Tala,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kedatangannya tersebut juga sekaligus konfirmasi dan finalisasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan penyerapan aspirasi KUB di Tala yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 10 Juli mendatang.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta menyambut baik rencana kegiatan yang akan dilaksanakan FKUB Kalsel pada bulan Juli mendatang, Pemkab Tala akan mendukung seluruh kegiatan yang bersifat positif bagi kemajuan Bumi Tuntung Pandang.

“Sosialisasi dan penyerapan aspirasi KUB sangat bermanfaat dalam rangka memupuk rasa persaudaraan dan persatuan antar umat beragama, dimana Tala masyarakatnya sangat heterogen, baik dari suku dan agama,” tandasnya.

Selain itu dijelaskannya, Pemkab Tala selama ini telah berusaha mendeteksi sejak dini adanya konflik dimasyarakat melalui program manunggal tuntung pandang yang dilaksanakan dua minggu sekali.

Selanjutnya ditambahkannya, Pemkab Tala beserta seluruh jajaran Forkopimda dan seluruh SKPD berkunjung dan bermalam ke desa-desa diseluruh wilayah Tala guna mendengar langsung permasalahan apa yang dialami warga masyarakat, sehingga akan lebih cepat penanganannya.

Rapat audensi tersebut turut dipimpin ketua FKUB Kabupaten Tala dihadiri seluruh pengurus FKUB Tala, Kepala Kesbangpol dan Kabag Kersa Tala.

Posting Komentar

0 Komentar