Kontingen Tanah Laut Pertahankan Juara Umum Porsadin Tingkat Provinsi

“Melalui Pekan Olahraga dan Antar Diniyah (Porsadin) kita tingkatkan eksistensi Madrasah Diniyah (Madin),” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. M. Rusdi Hilmi usai pembukaan Porsadin 3 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (15/06/19) sore.

Mantan Kasubbag Tata Usaha tersebut mengatakan, Madin merupakan sekolah agama yang santri-santrinya terdiri dari siswa SD sampai dengan SMA yang pembelajarannya dilaksanakan pada sore hari. “Saat ini keberadaan Madin sudah mulai memudar, maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk terus menghidupkan dan mempertahankan lembaga ini,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkannya, pelajaran agama sangatlah penting guna membentuk karakter dan akhlak anak anak kita sebagai generasi penerus bangsa. “Madin merupakan lembaga yang tepat bagi anak anak mendapatkan ilmu keagamaan secara mendalan,” tambahnya.

Sementara Ka.kanwil Kemenag Kalsel yang diwakili Kabag TU H.Muslim mengatakan, ajang Porsadin merupakan ajang mengadu bakat, menumbuh kembangkan bakat santri, sekaligus wahana silaturahmi guna mempererat uhkuwah Islamiyah antar sesama Madin se Kalimantan Selatan.

Selain itu H. Muslim berpesan kepada santri untuk dapat bertanding secara sportifitas menjunjung tinggi kejujuran. “Kita bertanding disini bukan mencari juara, namun mencari yang terbaik, maka dari itu bertandinglah semaksimal mungkin agar menghasilkan yang terbaik,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Porsadin M. Syarawandi mengatakan, Porsadin sebagai ajang adu prestasi antar sesama Madin, juga guna menggali potensi para santri. “Semoga melalui Porsadin ini kita dapat menjaring santri santri yang mempunyai bakat dan berpotensi meraih prestasi diajang Porsadin ditingkat Nasional,” harapnya.

Kegiatan Porsadin diikuti 390 peserta yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota se Kalsel yang akan mengikuti 12 cabang lomba yakni, Cerdas Cermat, Pidato bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Tahfiz Juz Amma, Murottal Wal Imla, Kaligrafi, Puisi Islami, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Lari.

Porsadin 3 Tingkat Provinsi dilaksanakan dari 15 s.d. 16 Juni 2019 yang dibuka secara resmi Asisten I Bidang Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Posting Komentar

0 Komentar