Ka.Kankemenag: Melalui STQ Akan Lahir Bibit Qari Qariah Berkualitas

“Melalui Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) akan lahir bibit-bibit baru qari dan qariah berkualitas yang akan mengharumkan nama daerah diajang MTQ Tingkat Provinsi dan Nasional,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H.M.Rusdi Hilmi usai pembukaan STQ ke-1 Tingkat Kecamatan, Jum`at (21/06/19) di halaman Kantor Camat Panyipatan.

Ka.Kankemenag mengatakan, STQ tingkat kecamatan dilaksanakan dengan tujuan guna menggali bakat putra putri daerah yang dimulai dari desa desa di seluruh wilayah Bumi Tuntung Pandang. “Melalui STQ kita bumikan Al qur’an agar anak anak mencintai dan membiasakan membaca Al qur’an serta menjadikan Al qur’an sebagai referensi dalam menjalani hidup,” katanya.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta menuturkan, Pemerintah Daerah (Pemda) sangat mendukung kegiatan kegiatan keagamaan, maka dari itu Pemda Tala memberikan anggaran khusus untuk kegiatan tersebut di Kecamatan Kecamatan se Kabupaten Tala. “Jika seleksi ini dilakukan berjenjang mulai dari kecamatan kecamatan, saya yakin MTQ Tingkat Provinsi kita dapat menampilkan yang terbaik, paling tidak masuk lima besar,” tuturnya.

Selain itu ditambahkannya, kegiatan tersebut selain mengasah bakat kemampuan, juga sebagai ajang menjalin Ukhuwah Islamiyah, ajang dakwah dan meningkatkan kualitas keagamaan masyarakat.

“Dengan bibit qari qariah yang banyak dan pembinaan secara kontinue, saya yakin kita dapat membangun keagamaan dan meningkatkan prestasi guna membangun Bumi Tuntung Pandang lebih baik lagi,” ujarnya.

Selain itu pada kesempatan itu pula diharapkannya, kegiatan keagamaan baik itu STQ atau kegiatan semacamnya dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Sebelumnya Ketua LPTQ Kecamatan Panyipatan Lutfi Akbar menyampaikan, STQ I Tingkat Kecamatan Panyipatan mengangkat tema, mari wujudkan generasi qur’ani menuju masyarakat Panyipatan yang berkemajuan dan religius dan diikuti 94 peserta yang akan mengikuti 4 cabang perlombaan yakni, cabang Tilawah Al Qur’an, Fahmil Al Qur’an, Syarhil Qur’an dan Khat Al qur’an.

“Para pemenang lomba nantinya akan kita kirim ke MTQ Tingkat Kabupaten Tanah Laut yang direncanakan akan digelar pada bulan September mendatang,” ucapnya.

STQ I Panyipatan dibuka secara resmi Bupati Tala yang ditandai dengan pemukulan beduk dan didampigi Ka.Kankemenag Tala, Ketua LPTQ Kabupaten, Kapolsek Panyipatan, Camat Panyipatan dan disaksikan masyarakat desa Panyipatan.

Posting Komentar

0 Komentar