Ka.Kankemenag Harapkan Bimbingan Manasik Jadikan Jamaah Haji Mandiri

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.M.Rusdi Hilmi mengharapkan, kegiatan bimbingan manasik haji dapat menjadikan Jamaah Haji yang mandiri.

Hal tersebut ditegaskannya saat membuka kegiatan Bimbingan Manasik Massal I bagi Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 1440H/2019 Tala, Sabtu (15/06/19) di Balairung Pelaihari.

Menurutnya, manasik sangat penting bagi Jemaah calon haji agar ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dapat mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji nantinya.

Lebih lanjut ditambahkannya, perlunya mewujudkan jamaah haji yang mandiri agar JCH tidak selalu menggantungkan kepada pembimbing, baik sebelum keberangkatan, berada di tanah suci maupun saat kembali ke tanah air nantinya.

Selanjutnya Ka.Kankemenag mengimbau kepada seluruh JCH untuk mengikuti manasik haji dengan sebaik-baiknya dan dapat mewujudkan jamaah haji mandiri. “Fokuskan mengikuti manasik haji agar tidak ada keraguan dan kebingunan lagi nanti dalam melaksanakan ibadah haji,” ujarnya.

Sementara itu Kasi PHU Kemenag Tala H. Akh. Rusyadi menyampaikan, JCH mendapatkan layanan bimbingan manassik haji sebanyak 10 kali yang terdiri, manasik masal sebanyak 2 kali yaitu masal I dan masal II sedangkan 8 kali manasik kecamatan.

Selain itu pihaknya berharap, dengan adanya manasik tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan terkait pelaksanaan ibadah haji.

Disamping itu H. Rusyadi berpesan, JCH dapat mengikuti pelaksanaan manasik dengan maksimal agar dapat menambahkan lagi ilmu pengetahuannya dimajelis atau tempat belajar lainnya.

Kegiatan Manasik massal tersebut selain mendapatkan informasi kebijakan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 dari Kemenag Tala, JCH juga mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan Tala.
Sebanyak 287 JCH Tala tergabung dalam kloter 17 dan 18.

Posting Komentar

0 Komentar