Ka.kankemenag : Jadikan Momen Kelahiran Pancasila Sebagai Upaya Tumbuhkan Kebersamaan, Perkuat NKRI


“Jadikan momen hari kelahirn Pancasila sebagai salah satu upaya menumbuhkembangkang rasa kebersamaan demi memperkuat NKRI,”pinta Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/19) pagi bertempat di Halaman Kemenag Tala.

Orang nomor satu di Kemenag Tala tersebut mengatakan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kita harus menjadi pelopor dalam membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), meningkatkan pemahaman nilai nilai Pancasila sebagai bentuk penghargaan atas jerih payah para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari tanagn penjajah.

“Sebagai ASN terutama para tenaga pendidik kita harus tanamkan nilai nilai luhur Pancasila sejak dini kepada para anak anak didik kita, yang akan menjadi penerus bangsa kelak,”tukasnya.

H.M.Rusdi Hilmi mengatakan tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. “Perlu kita ingat dan jangan salah, Hari Lahir Pancasila dengan Hari Kesaktian Pancasila itu beda, Hari Kesaktian Pancasila diperingati 1 Oktober yang lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965, sedangkan Hari Lahir Pancasila diperingati 1 Juni,”jelasnya.

Sementara itu salah satu peserta upacara sekaligus Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Zairin Fanzani mengatakan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang kita laksanakan kali ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nomor 4514/SJ/BVI/HK.00.7/05/2019 Tanggal 22 Mei 2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019.

“Jadi seluruh ASN pada ini wajib mengikuti upacara bendera, seluruh bukti seperti absensi dan foto kegiatan itu kita kirim ke Kemenag Provinsi,”ujar Zairin.

Upacara tersebut dihadiri sebanyak kurang lebih 350 ASN yang terdiri dari seluruh Pejabat dilingkungan Kemenag Tala, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Kepala TU dan seluruh CPNS dan ASN se Kabupaten Tanah Laut.

Posting Komentar

0 Komentar