Kontingen Tanah Laut Pertahankan Juara Umum Porsadin Tingkat Provinsi

Kontingen Kabupaten Tanah Laut (Tala) berhasil meraih juara umum pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) 3 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru 15 s.d. 16 Juni 2019.

Gelar juara umum sebelumnya diraih pada Porsadin 2 dan berhasil dipertahankan santri santri Madrasah Diniyah Takmiliyah di 5 Kecamatan di Tala yakni Kecamatan Pelaihari, Jorong, Panyipatan, Bati Bati dan Kintap yang berhasil meraih 7 emas, 5 perak dan 2 perunggu dengan total nilai keseluruhan 52, mengungguli Kabupaten Banjar dan posisi ketiga Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel H.Noor Fahmi dalam sambutannya mengatakan Madrasah Diniyah (Madin) merupakan sekolah agama yang santri santrinya terdiri dari anak anak SD/MI sampai dengan SMA/MA yang pembelajarannya dilaksanakan sore hari, maka dari itu Kementerian Agama sangat sependapat jika pembelajaran di sekolah umum tersebut dilaksanakan enam hari, agar sorenya dapat memperdalam agama di Madin.

“Agar keberadaan Madin ini dapat terus tumbuh berkembang, tidak seperti saat ini Madin kita itu hidup segan mati tak mau,”ujarnya.

Orang nomor satu di Kemenag Kalsel tersebut mengatakan Madin merupakan wadah yang stategis guna memperdalam ilmu agama yang dulunya bernama sekolah Arab dan saat ini namanya Madrasah Diniyah Takmiliyah. “Keberadaan Madin sangat penting agar anak anak kita menguasai pengetahuan dan wawasan keagamaan dengan harapan generasi kita nanti adalah generasi yang menguasai IPTEK dan IMTAQ yang kuat,”pungkasnya.

Lebih lanjut H. Noor Fahmi berharap kepada para juara jangan lupa untuk terus berlatih, agar dapat mempertahankan prestasi tersebut di Tingkat Nasional. “Bagi yang belum berhasil keluar sebagai juara jangan berkecil hati, ini hanya sebuah keberhasilan yang tertunda,” ucap Noor Fahmi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut H.M.Rusdi Hilmi mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh kontingen Tala yang telah tampil dengan maksimal sehingga dapat mempertahankan gelar juara umum Porsadin 3 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kepada para juara jangan puas sampai disini, terus berlatih mohon bimbingan kepada ustazd dan ustazah agar dapat menampilkan yang terbaik pada ajang Porsadin Tingkat Nasional nanti,” pesannya.

Rusdi Hilmi berpesan kepada seluruh official dan pendamping untuk terus memberikan bimbingan, arahan dan motivasi kepada para santri untuk terus mengasah kemampuan dimasing masing cabang lomba yang akan diikuti nantinya.

Peraih mendali emas ditingkat Provinsi akan dikirim sebagai kontingen Kalsel pada Porsadin 4 Tingkat Nasional, yang akan dilaksanaka di Provinsi Bangka Belitung pada akhir tahun 2019.

Posting Komentar

0 Komentar