Kasi Pemberdayaan KUA Kemenag Kalsel Serahkan 2.500 Pasang Buku Nikah


Kasi Pemberdayaan KUA Bidang Urais dan Binsyar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H.Yuliansyah menyerahkan secara langsung dua ribu lima ratus pasang buku nikah untuk didistribusikan di 11 wilayah KUA yang tersebar di seluruh Kabupaten Tanah Laut.

“Pada hari ini kita menyarahkan 2.500 pasang buku nikah, lima ratus buah duplikat buku nikah, dua ribu lima ratus daftar pemeriksaan nikah dan dua ribu lima ratus akta nikah,” jelas Yusliansyah usai menyerahkan secara langsung berkas tersebut di Kantor Kemenag Tala, Selasa (01/09/20) siang.

Sementara Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tala Hamsani, S.Pd.I yang menerima langsung buku nikah tersebut mengatakan buku nikah beserta dokumen lainnya tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke KUA Kecamatan.

“Tahun ini kita mendistribusikan buku nikah berdasarkan keperluan masing masing KUA nya saja, jika KUA itu mengajukan permintaan maka akan kita beri, namun jika tidak mengajukan permintaan otomatis tidak akan kita beri dan dokumen itu tetap kita simpan di Kemenag Kabupaten,” jelas Hamsani.

Lebih lanjut Hamsani mengatakan perubahan sistem pendistribusian tersebut demi menjaga keamanan dari buku nikah itu sendiri, karena jika langsung kita bagi ke seluruh KUA KUA sangat rentan jika kantor KUA dibobol maling seperti pengalaman ditahun yang lalu.

“Pada intinya pendistribusin itu lebih mengedepankan keamanan dari dokumen Negara itu sendiri,”pungkas Hamsani.

Posting Komentar

0 Komentar