Tekan Penyalahgunaan Narkoba, Kemenag Pinta Peran Serta Tokoh Agama


Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) H. Zairin Fanzani, S. Ag mengatakan peran serta tokoh agama sangat penting dalam menekan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tanah Laut.

Zairin mengatakan peran serta tokoh agama bekerjasama dengan penyuluh agama mupun dilingkungan pondok pesantren, madrasah, majelis taklim serta organisasi keagamaan lain sangat diperlukan untuk menyampaikan bahaya penggunaan narkoba.

Menurut Zairin melalui merekalah dapat berpartisipasi bersama mengurangi penyakit masyarakat dalam penyalahgunaan narkoba. “Seperti tokoh agama dapat menyampaikan pesan-pesannya akan bahaya narkoba begitu pula penyuluh agama dapat melakukan pembinaan dan penyuluh terkait bahaya narkoba,” tuturnya usai mengikuti Raker Pemberdayaan Masyarakat Senin (07/09/20) di Duta Hotel Pelaihari.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menghimbau kepada para khatib shalat jum’at dapat menyampaikan pesan-pesan moral tentang bahaya narkoba dan akibatnya bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita bulatkan tekad untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba sampai keakar-akarnya, karena akibat narkoba akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan,” ajaknya.

Sementara Ketua BNNK Tala M. Faisal Sidiq, S.E, M.P. menyampaikan adanya penyalahgunaan narkoba di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor diantaranya untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat bagi pihak pelaku, luasnya wilayah Indonesia sehingga tidak semua wilayah terawasi dengan baik, penindakan dan proses hukum di Indonesia masih lemah dan berlarut-larut sehingga tidak ada efek jera.

Pihaknya juga menyampaikan ditahun 2021 BNNK Tala akan bekerjasama melakukan nota kesepahaman melakukan sosialisasi, baik kepada ASN, Guru Madrasah, siswa maupun para Penyuluh Agama.

Tahun 2021 kami juga siap untuk diminta melakukan Tes Urine kepada semua SKPD,” paparnya.

Adapun narasumber berasal dari Asisten I Bid. Pemerintahan Setda Tala H. Bambang Kasudarisman, S.IP, M.Si, Kepala BNNK Tala M. Faisal Sidiq, S.E, M.P, serta Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Tala Rina Wartini, S.KM. dan peserta berasal dari Dinas/Instansi terkait, Camat se Tala, Kades di pesisir Pantai Batakan dan Sei. Cuka, LSM, dan Organisasi kepemudaan se Tala.

Posting Komentar

0 Komentar