Kemenag Laksanakan Orientasi Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf

Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan para Pengelola Wakaf (Nazhir), Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) melalui Seksi Penyelenggara Syariah melaksanakan Orientasi Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf bagi Nazhir Se Kabupaten Tanah Laut Tahun 2016, Kamis (21/04/16) di Aula Kantor Kementerian Agama Tala. 

Kepala Seksi Penyelenggara Syariah H.Abdurrahman, S.Ag. sekaligus Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan tujuan dalam kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Nazhir. Menurutnya, dengan pengelolaan wakaf secara baik dapat meningkatkan perekonomian umat. “Sehingga Nazhir betul-betul dapat memanfaatkan dan mengelola wakaf sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran umat,” ujarnya.

Ditambahkannya, orientasi tersebut diikuti 60 orang peserta Nazhir se Kabupaten Tala yang berasal dari Ulama, Ustadz/Ustadzah, dan Tokoh Masyarakat, dengan menghadirkan narasumber Drs.Ilham Masykuri Hamdie,M.Ag dengan materi Upaya Pemberdayaan Wakaf dalam menunjang Ekonomi Umat Muslim dan Prof.Dr.Mujiburrahman tentang Peran BWI dalam Pengelolaan/Pemberdayaan Wakaf di Kalsel.

Kepala Kankemenag Tala H.Rusmadi,S.Ag.,S.Pd.I.,MM dalam sambutannya mengatakan peran Nazhir sangat penting dalam pengelolaan tanah wakaf untuk menunjang perekonomian umat Islam. “Mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai dengan tujuan dan fungsi dan peruntukannya merupakan tugas Nazhir,” tegas Ka.Kankemenag.

Dalam materi Kebijakan Kankemenag di Bidang Perwakafan H.Rusmadi mengatakan seorang Nadhir harus tunduk kepada pengawasan Kementerian Agama dan Badan Wakaf Indonesi (BWI) “Nadhir harus memberikan laporan keuangan serta administrasi kegiatan wakaf ke Kantor Kemenag” jelasnya. Beliau berharap usai kegiatan tersebut dapat diterapkan didaerah masing-masing.

Posting Komentar

0 Komentar