Kemenag Tala Kembangkan Informasi EMIS Dan SIMPATIKA

Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut (Tala) melalui Seksi Pendais menggelar kegiatan pengembangan informasi kependidikan agama Islam melalui Education Management Information System (EMIS) dan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama (SIMPATIKA) bagi Pengawas dan Guru PAI se- Kabupaten Tala, Sabtu (01/10/16) di Aula Kemenag Tala.

Acara tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H.Rusmadi,S.Ag.,S.Pd.I.,MM didampingi para Kepala Seksi (Kasi) Kemenag Tala.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Tala mengatakan berhasilnya sistem pendidikan agama di sekolah tidak hanya didukung faktor guru, siswa, maupun masyarakatnya, akan tetapi berhasilnya suatu system pendidikan agama dengan pengelolaan yang baik dan kuatnya data, sehingga informasi dan data yang diperoleh valid dan akurat, terangnya.

Hal ini berpengaruh dalam mengambil sebuah kebijakan yang mengarah kepada peningkatan mutu dan kesejahteraan khususnya bagi para pendidik itu sendiri, tambahnya.

Lebih lanjut H.Rusmadi mengatakan, sangat diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) handal baik dari para guru, Pengawas PAI, Operator entri data dan lainnya yang mampu mengolah dan menggunakan data dengan baik dan benar, mampu menggunakan sarana teknologi pendukung serta memiliki analisis yang tinggi, sehingga tercipta kesinambungan antara pendidik, yang dididik dan tempat didik, jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua Kasi Pendidikan Agama Islam H.Zairin Fanzani, S.Ag melaporkan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan akses informasi data Pendidikan Agama Islam di sekolah, baik meningkatkan kemampuan SDM dalam membuat dan mengelola data dan informasi terkait Pendidikan Agama Islam, dengan meningkatkan akses data yang kuat dan akurat serta untuk mempermudah pengiriman laporan data dan informasi kepada pihak-pihak terkait. 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 53 orang Guru PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kab. Tala dan 7 orang Pengawas PAI Kantor Kemenag Tala.

Posting Komentar

0 Komentar