Kasi Peny. Syariah: Setiap Usaha Harus Ada Nilai Spiritual


Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Tanah Laut H. Wahyudi mengatakan setiap usaha maupun organisasi harus memiliki prinsip nilai spiritual yang dilaksanakan. Hal tersebut ditegaskannya saat memberikan materi pada Pembinaan Manager Koperasi se Kabupaten Tanah Laut, Rabu (13/03/19) di Sinar Hotel.

Menurutnya pekerjaan apapun akan sia-sia jika tidak ada niat ikhlas dan benar, maka nilai-nilai spiritual tersebutlah yang harus dijalankan, meliputi jujur, transparan, ta’awun (tolong menolong), silaturahmi dan musyawarah. “5 nilai spritual ini yang harus ada dalam sebuah organisasi,” tegasnya.

Lebih lanjut H. Wahyudi menjelaskan sebagai hamba yang diberikan amanah dan tanggung jawab hendaknya dilaksanakan dengan sebaik baiknya, sesungguhnya setiap pekerjaan yang diberikan kepada manusia atau bentuk wujud dari tugas manusia sebagai khalifah atau pemimpin.

“Sama halnya setiap pekerjaan yang dilaksanakan kita harus melaksanakannya dengan sebaik-baiknya, tulus dan ikhlas” ujarnya. Selain itu menurutnya seorang pemimpin khususnya pemimpin sebuah usaha atau koperasi hendaknya memiliki keberanian, integritas yang tinggi, berjiwa usaha, berjiwa pemimpin, memiliki kemampuan manajerial, mengerti tentang perkoperasian dan memiliki interpersonal yang baik.

Ditempat terpisah H. Wahyudi menyampaikan kegiatan tersebut merupakan rangkaian pembinaan yang diharapkan pemimpin usaha koperasi dapat menerapkan prinsip-prinsip syariah yang tidak melanggar ajaran agama. “Harapan kita dengan adanya bekal ini, setiap usaha apapun dilaksanakan harus menggunakan prinsip spritual yang baik,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar