Kemenag Tala Siap Ikut Serta Pengawasan Orang Asing

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut H.Zairin Fanzani mengatakan Kemenag siap ikut serta berperan dalam pengawasan orang asing di Tanah Laut. Hal tersebut ditegaskannya usai mengikuti Pembentukan dan rapat kordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), Kamis (28/02/19) di Aston Banua Hotel & Convention Center.

Menurutnya pengawasan sangat penting guna menindaklanjuti dari laporan banyaknya WNA yang berada di Kalimantan Selatan. “Koordinasi ini penting demi menjaga keamanan dan ketertiban WNA dimasyarakat dan untuk menghindari keresahan-keresahan masyarakat terkait keberadaan orang asing dan WNI yang tidak bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan terlarang,” ujarnya.

Selain itu H.Zairin menegaskan peran Kemenag sangat stratiges guna koordinasi dan informasi orang asing dan Warga Negara Asing yang keberadaan dan kegiatan mereka berkaitan dengan wilayah kerja kementerian Agama diantaranya nikah campur yang dilaksanakan di Kantor KUA Kecamatan.

Pihaknya berharap dengan dibentuknya TIMPORA dapat memaksimalkan partisipasi yang dilakukan Kemenag khususnya pengawasan intern keagamaan, baik dibidang keagamaan, dakwah, dan pendidikan.

Sebelumnya Kepala Kanim Banjarmasin, Syahrifullah mengungkapkan wilayah kalsel sudah banyak WNA dan menjadi pilihan Warga asing sebagai pilihan bekerja. “Oleh karena itu menjadi perhatian bersama bagi setiap instansi melakukan pengawasan terhadap orang asing tersebut dan tidak hanya terfocus pada imigrasi saja,” ujarnya.

“Setiap instansi harus melakukan pengawasan terhadap orang asing yang menyalahi izin identitas warga dalam menyalah gunakan izin,” jelasnya.
 
Kegiatan tersebut selain melibatkan Kemenag juga Dinas Pariwisata, Kejaksaan, Kodim, Pajak, dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, dan Capil.

Posting Komentar

0 Komentar