Kasubbag TU: Rakorda Harapkan Akreditasi 2019 Lebih Efektif

Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut H. Zairin Fanzani mengatakan melalui rapat kordinasi daerah (Rakorda) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) tahun 2019 lebih efektif. Hal tersebut ditegaskannya saat Kegiatan Rakor tersebut diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 17 s.d 18 Maret 2019, BAN-SM Kalsel bersama dinas pendidikan provinsi, kabupaten dan kota, Minggu (17/03/19) di Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

Menurutnya melalui Badan Evaluasi Mandiri yang menetapkan kelayakan Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah jalur Formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
“Masyarakat perlu memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah,” ujarnya.

H.Zairin mengatakan selaku Kemenag Tala dan Pengawas Madrasah salah satu  Asesor BAN SM Tala  diharapkan melalui Rakorda BAN-S/M dapat terbangun komunikasi, sinergi, dan kerja sama antara BAN-S/M Provinsi dengan pihak terkait di daerah sehingga program akreditasi tahun 2019 dapat terlaksana dengan efektif, efisien, dan transparan.

“Semua kendala dan solusi harus diselesaikan bersama guna kemajuan lembaga sekolah/madrasah khususnya di Kalsel,” ujarnya

Diketahui tahun 2019 ini, Kalsel mendapatkan kuota 1.100 madrasah. Jumlah tersebut diprioritaskan untuk SMK, MA, dan SMA untuk masuk ke perguruan tinggi.

Saat ini, masih ada sekolah di Kalsel yang belum terakreditasi, khususnya di tingkat madrasah. Hal ini akibat minimnya guru, kurangnya fasilitas, serta sekolah itu takut di akreditasi. Padahal, dengan akreditasi sekolah bisa mendapatkan dana BOS.

Sesuai surat edara Dirjen Dikdasmen No 0993/D/PR/2019 mulai TA 2020 dana BOS hnya akan dialokasikan bagi satuan pendidikan yang sudah terakreditasi.

“Saat ini sekolah yang terakreditasi sebanyak 1.054 sekolah dari semua tingkatan. Pada 2019, grade berubah lebih tinggi lagi. Tahun sebelumnya, untuk akreditasi A gradenya hanya 86, dan akan meningkat menjadi menjadi 91,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar