Ka.Kankemenag: Jangan Salahkan Perkembangan Teknologi

“Jangan menyalahkan perkembangan teknologi revolusi, namun berusahalah untuk mengarahkan siswa memanfaatkan potensi positif kemajuan teknologi itu,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H.M.Rusdi Hilmi dalam sambutannya pada pembukaan workshop e-learning teknologi edukasi transformasi era digital revolusi industri 4.0 bagi guru, Sabtu (23/11/19) pagi di aula Dinas Pendidikan Tala.

Dikatakannya, perkembangan teknologi tidak dapat dibendung dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin canggih yang akan memberikan pengaruh besar dalam berbagai bidang. “Sebagai seorang guru, kalian harus pandai pandai memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kompetensi kalian dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa,” pesannya.

Lebih lanjut ditambahkannya, guru merupakan unsur terpenting dalam dunia pendidikan, yang mempunyai tugas utama mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. “Sebagai seorang guru harus terus belajar, berinovasi mengembangkan potensi dan mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan zaman, jadilah guru yang bisa menjadi inspirator bagi anak didiknya,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Tala dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pendidikan Tala Abdillah sangat mengapresiasi kepada pihak Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Tala yang telah menyelenggarakan workshop tersebut. “Dengan adanya workshop ini akan semakin meningkatkan kompetensi guru di Tala,” ujarnya.

Selain itu dijelaskannya, saat ini guru dituntut untuk terus update ilmu pengetahuan agar dapat menciptakan generasi muda bangsa yang berkarakter dan handal. “Kita jangan mau ketinggalan perkembangan teknologi, kita harus selalu update terutama untuk ilmu sosial kenegaraan, contoh jumlah provinsi kita saat ini, tidaklah sama dengan era ordebaru,” jelasnya.

Lebih lanjut Abdillah berpesan, kepada seluruh peserta agar terus belajar, belajar dan belajar guna meningkatkan potensi diri demi masa depan negeri tercinta Indonesia, masa depan bangsa tergantung pada para generasi kedepan. “Sebagai guru kalian harus berusaha untuk melahirkan generasi muda yang menguasai Iptek dan tetap berpegang teguh pada ilmu agama,” harapnya.

Workshop tersebut bekerjasama dengan PT. Indonesia Epson diikuti 120 guru tingkat MI, MTs dan MA di Tala.

Posting Komentar

0 Komentar