Ka.Kankemenag: Melalui PPKBD Kita Tingkatkan Kualitas SDM, Bukan Kuantitas SDM

“Melalui perantara PPKBD mari kita bersama sama meningkatkan kualitas SDM kita, bukan kuantitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tanah Laut (Tala) H.M.Rusdi Hilmi usai memimpin do’a pada pembukaan jambore kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan kader Sub PPKBD se Kabupaten Tala, Rabu (06/11/19) pagi di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari.

Lebih lanjut dikatakannya, kemajuan teknologi sudah mulai mengubah cara pandang dan gaya hidup manusia. “Saat ini kita harus memprioritaskan peningkatan kualitas SDM kita, agar kita kedepan memiliki generai generasi penerus bangsa yang berkualitas, sehingga tidak akan diremehkan oleh bangsa lain,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkannya, saat ini Kalimantan Selatan untuk angka perkawinan anak masih tinggi, maka dari itu melalui pera PPKBD dapat memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada para remaja akan bahaya dan resiko menikah diusia muda.

“Pernikahan diusia dini rentan akan masalah, yakni masalah kualitas gizi ibu dan anak yang hamil diusia muda, yang kemungkinan besar akan beresiko lahir menjadi anak stunting,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel yang diwakili staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Fathurahman mengatakan, sangat mengapresiasi pada Kabupaten Tala yang dengan gigih berusaha melaksanakan berbagai program dan inovasi untuk menekan angka kelahiran anak demi mencapai kehidupan masyarakat yang makmur dan sejahtera.

“Program Keluarga Berencana atau biasa kita sebut KB bukan melarang sesorang untuk punya anak, namun hanya untuk menunda kehamilan jika menikah diusia muda dan mengatur jarak kelahiran anak,” ucapnya.

Selain itu diharapkannya, sebagai kader PPKBD dan Sub PPKBD kalian harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat akan makna dari keluarga berencana, sehingga masyarakat paham akan pentingnya menjaga jarak kelahiran guna menjamin masa depan bangsa agar memiliki SDM yang berkualitas dan menekan angka stunting di Kabupaten Tala.

“Manfaatkan ajang jambore ini sebagai ajang untuk saling bertukar ide dan pikiran antar sesama kader untuk kemajuan desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan negara kita Indonesia,” pesannya.

Kegiatan jambore PPKBD tersebut diikuti 600 orang perwakilan kader PPKBD dan Sub PPKBD se Kabupaten Tala yang dibuka seraca resmi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kalsel dan didampingi Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Setda Tala yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Posting Komentar

0 Komentar