Calon Jamaah Haji Tanah Laut Lakukan Senam Kebugaran



Sebanyak 200 orang lebih Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tanah Laut melakukan senam kebugaran di Lapangan Pertasi Pelaihari, Minggu (25/02/18).

Selain dilaksanakan senam kebugaran tersebut Calon Jamaah Haji juga dilakukan tes kebugaran jasmani. Salah petugas Tim Medis dari Dinas Kesehatan mengatakan tahap pemeriksaan tersebut dengan konsultasi meliputi cek berat badan, serta tinggi dan Tensi darah. Selanjut Calon Jamaah melakukan tes daya tahan jantung. “Bagi CJH dibawah 60 tahun melakukan jalan sejauh 1,6 Km, sedangkan bagi lansia jalan selama 6 menit,” terangnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan selesai pemeriksaan tersebut akan diberikan penilaian hasil tes kebugaran jasmani sesuai dengan tingkat kebugaran dari Tingkat Kurang Sekali sampai dengan Baik Sekali untuk selanjutnya dikonsultasikan ke dokter pemeriksa untuk diberikan program latihan fisik sesuai hasil pemeriksaan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Tala Drs.H.Akh.Rusyadi mengatakan kegiatan tersebut  merupakan rangkaian yang sangat penting dilakukan oleh CJH, “Pertama sebagai ajang latihan dan kedua mengetahui kondisi fisik tubuh kita sebelum melaksanakan ibadah haji nantinya,” ujarnya.

H.Rusyadi juga berharap setelah melaksanakan tes kebugaran tersebut CJH diharapkan dapat melaksanakan segala himbauan dari Dinas Kesehatan sesuai dengan riwayat kesehatan masing-masing. Lebih lanjut disampaikannya  pelunasan biaya CJH dilakukan pada bulan maret mendatang.
 
Salah satu CJH asal Desa Kintap Kecil Kec. Kintap Khair yang berusia 40 tahun merasa bersyukur hasil tes kebugaran jasmaninya tergolong cukup baik dan memiliki catatan untuk latihan berolahraga ringan secara rutin, “ Alhamdulillah hasil tes kami bagus, dan kedepan harus menjaga pola makan yang bagus dan berolahraga teratur,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar