Ka.Kanwil Imbau Pembentukan UPZ

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Kalsel H. Noor Fahmi menghimbau kepada seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota untuk segera membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di wilayah kerja masing-masing. 

H. Noor Fahmi mengatakan hal tersebut guna menindaklanjuti surat edaran No 2 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pada Kementerian Agama.

“Tolong segera bentuk UPZ agar memudahkan pengumpulan zakat dilingkungan ASN Kemenag yang kemudian disetorkan ke BAZNAS Kabupaten,” pintanya di Rapat Koordinasi yang digelar Selasa (20/03/18) di aula Kanwil Kemenag Kalsel.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.kankemenag) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Drs.H.Rusbandi, MA mengatakan UPZ Kemenag Tala sudah lama terbentuk dan sudah berjalan.

Menurutnya UPZ Kemenag Tala sudah menenerapkan zakat profesi sesuai Inpres RI No 3 Tahun 2014 tentang optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga melalui Badan Amil Zakat Nasional untuk melaksanakan fungsi dan peran UPZ.

“Tala siap optimalisasikan dan meningkatkan peran dan fungsi UPZ,” ujarnya usai mengikuti rkor yang hadiri seluruh Ka.Kankemenag Se-Kalsel tersebut.

H.Rusbandi mengatakan penerapan dan pengoptimalisasian dari UPZ pada kementerian dan lembaga sangat penting guna meningkatkan penyaluran dana ZIS ke Baznas Kabupaten sehingga terintegrasi pengelolaan zakat PNS atau ASN Kementerian Agama bagi umat Islam.

Bendahara UPZ Kemenag Tala Hj. Mariatul Kiptiah, S.Sos menambahkan UPZ kemenag Tala sudah dibentuk sejak tahun 2012 dan pengoptimalan Zakat profesi dilaksanakan sejak Agustus tahun 2016.

Posting Komentar

0 Komentar