Pendidik Gunakan Teknik Ice Breaking

Manicta. Tenaga Pendidik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut (Manicta) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Sugianto, S.Pd, M.Kom menggunakan Teknik Ice Breaking pada saat mengajar, di Kelas X (sepuluh) Jurusan Ilmu pengetahuan Sosial (IS).

Ditemui sehabis mengajar Sugianto menjelaskan Metode Ice Breaking merupakan teknik yang digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk memecahkan kebekuan, kejenuhan yang terjadi dalam KBM tersebut dan siswa bisa kembali terkonsentrasikan. "Jika siswa terkonsentrasikan ke tenaga pendidik, maka diharapkan siswa dapat memperhatikan materi yang disampaikan," ujar Sugianto.

Lebih lanjut Sugianto mengungkapkan metode tersebut bisa diterapkan di awal, di tengah maupun di akhir pembelajaran. Menurutnya, Ice Breaking diterapkan untuk peralihan situasi dari yang membosankan, membuat mengantuk, menjenuhkan, dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak membuat mengantuk. "Untuk mengurangi penat siswa juga seharian penuh belajar di kelas," pungkasnya.

Salah seorang siswa Manicta kelas X IS Raihana Rodhia menceritakan pada metode Ice Breaking mereka membentuk lingkaran, menyanyi dan bertepuk tangan dengan gembira sehingga rasa ngantuk jadi hilang dan mengurangi rasa penat karena belajar di ruang kelas seharian penuh. "Belajar PPKN jadi terasa menyenangkan," ungkap Raihana.

Posting Komentar

0 Komentar