Ka.Kankemenag : Cegah Pernikahan Usia Anak Tanggungjawab Bersama

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tanah Laut H. M. Rusdi Hilmi mengatakan upaya pencegahan pernikahan usia anak bukan saja tugas Dinas Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), dan bukan saja tugas Kementerian Agama. 

“Namun menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama dalam pencegahan pernikahan usia anak,” katanya saat memberikan materi pada kegiatan Penyuluhan dalam Pencegahan Perkawinan Usia Anak, Rabu (12/09/18) di aula DP2KBP3A di pelaihari.

Mantan Kasubbag Tata Usaha itu mengatakan banyak faktor penyebab terjadinya pernikahan usia anak diantaranya faktor ekonomi, pendidikan, budaya dan yang patut menjadi perhatian adalah faktor Married by Accindent (MBA) atau lebih dikenal dengan hamil diluar nikah.

“Hal tersebut menjadi perhatian kita bersama, seiring perkembangan teknologi sekarang banyak sisi positif namun banyak juga sisi negatifnya,” tukasnya.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag mengatakan perlu lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan dampak yang terjadi pada pernikahan usia anak ke masyarakat luas agar menjadi bahan pertimbangan jika ingin menikahkan anaknya.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi hari ini agar dapat memberikan penyuluhan dan pemahaman akan bahaya dan resiko pernikahan usia anak ke masyarakat diwilayah binaan masing masing,” pesannya.

Sebelumnya, Ketua DP2KBP3A Tanah Laut diwakili sekretaris Drs. Rijani menyampaikan pada tahun 2017 Kalsel menempati urutan pertama untuk angka pernikahan usia anak dan Tanah Laut urutan ke 3 untuk wilayah Kalimantan Selatan.

“Terjadinya peningkatan pernikahan usia anak ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama dan menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk mencari strategi guna menurunkan peristiwa pernikahan itu,” pungkasnya.

Kegiatan serupa sebelumnya telah dilaksanakan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Bajuin dengan peserta terdiri dari unsur aparat desa, tokoh agama dan ibu ibu PKK Kecamatan.

Posting Komentar

0 Komentar