Berikan Pembinaan Perhajian, Kemenag Tala Gelar KIE-VAH


Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut menggelar pelaksanaan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Virtual Advokasi Haji (KIE-VAH) di lingkungan Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (21/11/20).

Kegiatan KIE-VAH merupakan kegiatan pembinaan seputar haji dan umrah yang digagas Subdirektorat Advokasi Haji Kemenag bersama jajaran Kemenag se Kalimantan Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Kalsel H. Noor Fahmi mengatakan Kementerian Agama memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi dan ekdukasi kepada masyarakat khususnya bagi jemaah haji.

“Tugas kita bersama menyampaikan informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait isu-isu yang beredar dimasyarakat, baik informasi kebijakan seputar haji maupun ibadah umrah,” ucapnya saat menyampaikan paparan acara KIE VAH.

H. Noor Fahmi mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami bersama untuk disampaikan yaitu tertundanya keberangkatan jemaah haji tahun 2020, Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah umrah disaat pandemi, bertambahnya jemaah haji waiting list semakin panjang dan rawannya berita hoax tentang haji akibat miskomunikasi.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Tala H.M.Rusdi Hilmi mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya dari Kementerian Agama dalam membina dan memberikan informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji.

H. Rusdi menyampaikan jemaah haji daftar tunggu kabupaten Tanah Laut tahun 2020 sebanyak 9.310 orang dengan masa tunggu kurang lebih 30 tahun. Sedangkan jumlah jemaah haji Tahun 2020 berjumlah 307 orang yang terdiri dari 138 laki-laki dan 169 perempuan.

Adapun materi yang disampaikan Penguatan Pembinaan Haji Provinsi Kalimantan Selatan oleh Ka.Kanwil H. Noor Fahmi, Program Haji di Kabupaten Tanah Laut oleh Ka.Kankemenag H.M.Rusdi Hilmi, Program Bina Petugas Haji oleh Kasubdit Bina Petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Akhmad Jauhari dan Peranan Advokasi oleh Kepala Seksi Identifikasi dan Pemetaan Masalah Haji Subdirektorat Advokasi Haji Direktorat Bina Haji Dirjen PHU Kemenag RI HM. Affan Rangkuti.

Acara turut dipandu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tala H. M. Wahyudi, diikuti pejabat pemerintah daerah Tanah Laut, karyawan (ti) di lingkungan Kementerian Agama Tala kurang lebih 100 peserta.

Posting Komentar

0 Komentar